KNPI Sulsel Serukan DPP, Gelar Kongres Bersama Akhiri Konflik Organisasi

 

Makassar, Matasulsel – Pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan, mendorong DPP KNPI segera melakukan kongres bersama, demi mengakhiri konflik internal dengan menyatukan kepengurusan, dalam satu organisasi setelah menemui jalan perdamaian.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu, kami menyerukan DPP KNPI segera menggelar kongres bersama demi menyatunya pemuda di seluruh Indonesia,” tutur Ketua DPD KNPI Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arham Basmin, di Makassar, Sabtu, (13/3/2021).

Menurutnya langkah pemerintah menyatukan tiga kubu di tubuh KNPI harus dihargai dan dihormati. Tidak hanya di tingkat pusat bahkan di daerah pun harus segera mengakhiri konflik menuju jalan damai atau islah.

Untuk itu secara khusus, di bawah kepemimpinannya di KNPI bertajuk “Energy Of Harmony”, Arham memberikan apresiasi dan menyambut baik langkah rekonsiliasi tersebut yang dijembatani pemerintah agar organisasi kepemudaan tertua ini bisa kembali menyatu.

“Ini juga demi mensinergikan seluruh komponen kepemudaan yang selama ini terurai di KNPI,” ucap Basmin.

Pada kesempatan itu dukungan penyatuan KNPI serta kongres bersama direncana di helat tahun ini, untuk Sulsel, diputuskan Arham melalui rapat pleno baik melalui daring maupun luring dihadiri seluruh pengurus DPD KNPI Sulsel.

Sekretaris KNPI Sulsel, Andi Surahman Batara, menambahkan KNPI di daerah harus mengambil langkah responsif dengan mendorong rekonsiliasi penyatuan kepemudaan.

“Kami dari KNPI Sulsel sangat mendukung kongres bersama, sebaiknya memang melibatkan seluruh kubu DPD KNPI sehingga betul-betul KNPI menjadi satu,” ujar Surahman berharap.

Hasil keputusan dalam pleno menanggapi masalah internal yang terjadi di KNPI tersebut, kata dia, pihaknya mendorong agar seluruh pengurus dari kubu KNPI lainnya di Sulsel ikut melakukan rekonsiliasi dalam penyatuan organisasi.

Untuk itu, hasil rapat pleno memutuskan agar Ketua KNPI Sulsel, Arham Basmin, segera melakukan koordinasi dengan semua kubu di DPP KNPI. Ini bertujuan menyatukan organisasi mulai ditingkat daerah hingga gaungnya bisa sampai ke tingkat pusat.

“Pleno kali ini, menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua KNPI Sulsel (Arham Basmin), melaksanakan koordinasi serta berkomunikasi dengan kubu lain untuk mendorong percepatan kongres bersama KNPI di pusat,” papar-nya.

Pihaknya sangat berharap, pemerintah dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta pihak terkait lainnya ikut terlibat dalam penyatuan organisasi yang menaungi semua Organisasi Kepemudaan di Indonesia ini kembali seperti semula.

Sebelumnya, konflik hingga melahirkan perpecahan tiga kepemimpinan kepengurusan KNPI di tingkat pusat hingga ikut berdampak di daerah selama dua tahun terakhir, akhirnya menempuh jalan perdamaian.

Tiga pihak telah melakukan rekonsiliasi di hadapan pemerintah, disaksikan pihak Kemenpora, maupun Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Perdamaian sekaligus islah tiga kepemimpinan DPP KNPI dibuktikan dengan pembubuhan tandatangan yang dihadiri masing-masing pimpinan dan sekretaris di Sekretariat DPP KNPI, Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. (*/Source : Antara)

Pos terkait