Bikers asal Sulsel Touring ke Sejumlah Negara Asia Tenggara Pake Yamaha Xmax 250

KUALA LUMPUR – Bikers asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Taqwa Gaffar melakukan touring ke sejumlah negara Asia Tenggara. Perjalanan jauh itu ditempuh dengan menggunakan motor andalannya, Yamaha Xmax 250.

Sekertaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel ini memulai perjalanan dari Indonesia ke Malaysia kemudian Thailand dan hendak menuju ke ibukota Laos, Vientiane sebagai titik terakhirnya. Kata dia, perjalanan ini memakan waktu selama 10 hari.

Bacaan Lainnya

“10 hari itu karna saya pergi dulu ke Pattaya, Thailand. Tapi kalau jalan terus dari Malaysia sekitar 1 minggu,” kata Taqwa–sapaan akrabnya, Senin (23/01/2023).

Ia juga menjadi bikers Yamaha Xmax 250 pertama yang menjajal berbagai negara Asia Tenggara hingga ke Laos. Sepanjang perjalanan, menurutnya, performa Xmax tetap terjaga di medan apapun.

“Sebelumnya belum pernah ada Xmax Indonesia melalui perjalanan sampai ke Laos,” tambahnya.

Berkat Yamaha Xmax 250 pula, Taqwa berhasil melewati Mae Hong Son Loop yang dikenal dengan ribuan tikungan.

Ia mencatatkan 1.864 tikungan dengan jarak 609 KM yang ditandai dengan penerimaan serifikat dari Mae Hong Son Chamber of Commerce Thailand.

“Dari semua rute yang saya lewati ini paling mengesankan. Ini melintasai jalur di provinsi Chaing Mai dan Mae Hong Son,” ujarnya.

Taqwa mengaku bangga menggunakan Yamaha Xmax 250 selama touring. Ia merasa nyaman dan aman dalam berkendara.

“Apalagi hampir semua negara yang saya datangi memiliki workshop resmi Yamaha,” ungkapnya.

Untuk performa mesin, ia mengaku juga tidak ada masalah. “Yang penting kita butuh kesabaran menjaga ritme kecepatan yang konstan untuk menghidari panas mesin yang berlebihan,” tutup Taqwa.

Sejak menggunakan Yamaha Xmax 250 pada tahun 2017, Taqwa telah melakukan touring ke 34 provinsi di Indonesia, dari Sabang sampai Merauku.

Sedangkan ada 7 negara Asia Tenggara lainnya yang sudah dijajal, ialah Timor Leste, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Laos. **

Pos terkait