Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Rutan Makassar Gelar Razia Blok Hunian

MAKASSAR, MATA SULSEL – Rutan Makassar menggelar razia di blok hunian. Tak seperti sidak sebelumnya, kali ini Rutan Makassar menggandeng Polri, TNI dan BNNP. Rabu, (7/4/2021).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham Sulsel, Edi Kurniadi menyebut Razia ini merupakan upaya pencegahan, pemberantasan penyelundupan dan peredaran narkoba yang masih terjadi di Lapas dan Rutan.

Bacaan Lainnya

“Razia ini serentak dilakukan di Lapas dan Rutan Wilayah Sulsel. Hal ini untuk menjaga situasi tetap kondusif, keamanan dan ketertiban tetap terjaga di dalam Rutan,” ujar Kadivpas.

Edi menekankan agar mengedepankan nilai-nilai humanis dalam pelaksanaan Razia. Dia pun menyampaikan apresiasi atas atensi dan sinergi dari APH terkait yang bersedia hadir memeberikan dukungan pelaksanaan kegiatan ini.

“Lakukan pendekatan persuasif, timbulkan simpati dan jangan terpancing. Mari kita selesaikan permasalahan tanpa menimbulkan masalah lain,” pesan Kadivpas dalam arahannya pada apel sebelum sidak digelar.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan, Dian Eka Junianto yang memimpin sidak membagi tim dalam 2 kelompok besar untuk menyasar 2 blok hunian.

“Langkah ini merupakan komitmen kita bersama untuk terus menciptakan lingkungan yang Zero Halinar. Dari semua proteksi yang kami lakukan, kemungkinan penyelundupan pasti akan terus ada. Hal inilah yang terus kita antisipasi, salah satunya lewat kegiatan sidak gabungan,” tegas Dian.

Dari hasil sidak gabungan, tim menyita beberapa barang seperti pisau cukur, silet, sendok besi, ikat pinggang dan sikat gigi yang telah dimodifikasi.

“Meskipun demikian proteksi untuk barang yang masuk dan keluar akan terus diperketat. Harapan kami situasi Rutan tetap aman dan kondusif serta bebas dari Halinar,” ujar Dian. (*)

Pos terkait