DKP Jeneponto Gelar Review Kegiatan Usaha Garam Rakyat, Ini Tujuannya !

JENEPONTO, MATA SULSEL – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jenenponto menggelar kegiatan review usaha garam rakyat tugas pembantuan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Tahun Anggaran 2020, di Hotel Bintang Karaeng, Jeneponto Lama, Rabu (23/12/2020).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jeneponto yang diwakili oleh Kabid Perikanan Tangkap dan Daya Saing Ir. Asri, MSi saat membuka acara mengatakan bahwa tujuan dari review kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada para peserta tentang pengembangan program Garam Rakyat (Pugar) selama tahun 2020 yang sudah dilaksanakan meliputi bagaimana pengelolaan Pugar, sasaran dan penerima serta komponen Pugar, prosedur penyaluran bantuan, kelembagaan serta pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan.

Bacaan Lainnya

“Review ini sangat penting agar para Petani garam lebih mengetahui pengelolaan garam yang baik dan benar dan menjadikan Jeneponto sebagai pusat study untuk pengembangan usaha rakyat,” ujar Asri.

Asri menyebut bahwa kegiatan review kegiatan usaha garam rakyat tahun 2020 yakni pekerjaan penggaraman di Desa Bontojai, Kecamatan Tamalatea dan pekerjaan saluran di Kelurahan Pallengu, Kecamatan Bangkala.

Suasana review kegiatan usaha garam rakyat yang digelar oleh DKP Jeneponto

Sementara itu, tambah Ia untuk kegiatan tambahan bantuan tambahan bantuan Covid-19 yakni saluran Desa Bontojai, saluran Desa Punagayya, jalan produksi Desa Arungkeke dan jalan produksi Desa Pallengu, sebut Asri.

Oleh karena itu, Ia berharap agar para peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja petambak garam rakyat dan pelaku usaha garam rakyat dalam mendukung swasembada garam nasional, serta penyebarluasan informasi dan regulasi di bidang Pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam.

Adapun peserta kegiatan review kegiatan garam rakyat dari tugas pembantuan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut yakni sekitar 80 orang dari petani garam Kecamatan Bangkala, Tamalatea dan Arungkeke.

Turut hadir dalam acara Kabid Perikanan Budi daya Marlina Lahabo, Kabid Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidayaan Ikan Irmawati Majading, PPK Tugas Pembantuan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Arrahman, SPi dan Kepala Seksi Lingkup DKP Jeneponto. (*)

Pos terkait