Forum Dekan FISIP Seluruh Indonesia Soroti Pemilu 2024

Arifuddin Lau
19 Jul 2023 11:06
EDUKASI KAMPUS 0 122
3 menit membaca

BANDUNG, MATA SULSEL – Bersamaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3, Forum Komunikasi Dekan FISIP/Ketua STISIP PTS Se-Indonesia (FK-DKISIP) untuk ke-12 kali menggelar seminar nasional bertema; “Pemilu 2024” bertempat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Komputer (UNIKOM) Bandung, Selasa 4 Juli 2023, pekan lalu. Pertemuan rutin ilmiah yang berlangsung secara hibrid itu, dihadiri anggota dan pengurus dari berbagai daerah.

Menurut Drs.Tatang Sudrajat, S.IP. M.Si., Sekretaris Jenderal (Sekjen) FK-DKISIP, kegiatan juga menghadirkan anggota DPRD, perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar), wakil Badan Kesatuan Bangsa (Kesbangpol) Jabar, beberapa anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten/kota dan mahasiswa secara daring dan luring. Forum ilmiah ini menghadirkan 12 anggota FK-DKISIP sebagai pembicara dari Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Kupang, Tasikmalaya, Sintang, Luwuk, Serang dan Ambon.

Dr. Lilis Puspitawati, Dekan FISIP Unikom sebagai Ketua Panpel menyebutkan bahwa seminar nasional ini berlangsung pada sesi pagi dan siang, sebagai realisasi program kerja FK-DKISIP sekaligus sebagai bentuk kepedulian para ilmuwan sosial politik terhadap isu kepemiluan. Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Ketua Umum FK-DKISIP dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan bahwa organisasi ini bukan kaleng-kaleng. Sejak berdiri 3 tahun lalu telah membahas melalui webinar nasional berbagai isu sosial politik yang menyangkut kepentingan bangsa yang lebih besar.

Beberapa isu yang pernah jadi tema seminar adalah ideologi Pancasila, dinasti politik pilkada, komunikasi publik, bisnis pada era covid, wawasan kebangsaan, terorisme dan komunisme, perpanjangan jabatan kades, akreditasi mandiri, kebijakan karier dosen, dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Sebagai pemantik Diskusi, Tatang Sudrajat, menyoroti kepentingan publik sebagai esensi dari kebijakan publik untuk menelaah berbagai isu dan kontroversi kepemiluan.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.