Ingin Beli Sepeda Motor? Ini Tips yang Harus Anda Perhatikan

Sumber foto: https://imgcdnblog.carmudi.com.ph/wp-content/uploads/2021/09/07114920/vario-150.jpg
Sumber foto: https://imgcdnblog.carmudi.com.ph/wp-content/uploads/2021/09/07114920/vario-150.jpg

MATASULSEL – Jangan sampai salah membeli sepeda motor, apalagi jika Anda ingin menggunakannya sebagai rutinitas harian. Beberapa tips membeli sepeda motor yang tepat bisa Anda ikuti supaya tidak kecewa setelah kendaraan sampai di rumah.

Baik itu dari segi model sampai dengan ketahanan mesinnya. Apalagi sekarang sudah muncul berbagai jenis sepeda motor, mulai dari motor matic, bebek biasa sampai motor sport. Jadi jangan sampai bingung memilih.

Bacaan Lainnya

Tips Membeli Sepeda Motor yang Wajib Diperhatikan

Harga selalu menjadi acuan utama ketika Anda memilih, setelah itu baru tipe pembayaran. Apakah Anda ingin membayar dengan cicilan atau tunai. Selain soal harga, sebaiknya pilih motor sesuai kebutuhan.

Sayangnya banyak orang yang masih saja memilih motor, bukan fokus pada kebutuhan namun pada model atau harganya saja. Anda tidak akan salah pilih selama mengikuti beberapa tips berikut ini.

1.   Survei Jenis Motor yang Sesuai Budget

Melakukan survei menjadi salah satu trik untuk mengumpulkan informasi. Saat ini Anda sudah tahu berapa budget yang dimiliki, oleh karena itu carilah beberapa pilihan motor yang pas dengan biaya sekarang.

Langkah ini juga bertujuan untuk menentukan dealer mana yang sebaiknya Anda pilih untuk membeli nanti. Tidak harus ke dealer offline, saat ini juga sudah banyak toko online yang menjual motor aman dan juga resmi.

Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan maka lebih teliti pula nantinya Anda memilih. Berdasarkan informasi inilah Anda bisa menentukan pilihan motor paling tepat.

2.   Mengecek Promo yang Berlaku

Selain informasi motor, cari tahu juga apakah terdapat promo yang sedang atau akan berlangsung. Promo ini bisa berupa cashback, potongan harga dan masih banyak yang lainnya. Setiap pembelian motor baru, apalagi jenis motor yang baru rilis pasti selalu terdapat promo.

Bersamaan dengan promo biasanya ada juga merchandise yang dibagikan. Merchandise ini bisa berupa jaket, helm, sampai dengan voucher belanja. Hadirnya promo dan merchandise ini tidak hanya memudahkan Anda beli motor sesuai dengan budget tetapi juga menambah benefit.

3.   Ketersediaan Garansi dan Layanan Servis

Perlu Anda ketahui setiap pembelian motor baru selalu dilengkapi dengan garansi. Baik itu garansi mesin dan layanan servis. Masing-masing merk motor menawarkan waktu garansi berbeda namun dua jenis garansi tersebut harus ada.

Banyak orang yang belum paham akan garansi ini, jadi Anda bisa membandingkan mana garansi yang paling menguntungkan. Terutama soal mesin, semakin lama garansi akan lebih baik karena Anda tidak tahu bagaimana kualitas mesin pabrikan yang diterima.

Siapa tahu Anda kurang beruntung sehingga memperoleh mesin yang cacat. Klaim garansi diperlukan dan sebaiknya prosesnya mudah.

4.   Menguji Kelayakan Motor

Beberapa tempat atau dealer ada yang menyediakan layanan test drive. Apabila terdapat layanan ini Anda perlu melakukan uji coba. Cek apakah tinggi motor dan lebar jok juga nyaman. Posisikan Anda harus mengendarai motor dalam waktu lama, apakah tubuh terasa rileks dan nyaman?

Apabila tujuan Anda membeli motor untuk sering membawa banyak barang maka perhatikan kekuatan body motor. Selama menguji kelayakannya Anda bisa menanyakan berapa maksimal beban yang bisa ditampung, dll.

5.   Kelengkapan Fitur dan Desain Menarik

Tips membeli sepeda motor yang selanjutnya adalah soal desain dan fitur. Tidak dapat dipungkiri Anda akan semakin percaya diri jika menggunakan motor yang desainnya menarik. Jadi tidak ada salahnya untuk ambil model yang bagus jika memungkinka.

Perhatikan juga soal fitur yang tersedia. Setidaknya fitur standar seperti rem yang pakem. Ada juga fitur Engine Cut Off (ECO) yang berfungsi untuk mematikan mesin tanpa harus mencabut kunci kontak. Fitur ini bertujuan mematikan mesin ketika terjadi kecelakaan sehingga kendaraan tidak melesat.

Anda juga bisa mengecek fitur yang bisa membuat konsumsi BBM jadi lebih irit. Contohnya ada pada Honda Vario 150 yang sudah dilengkapi dengan fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ini akan mematikan mesin otomatis ketika ada di kemacetan dan menghidupkan gas hanya dengan menarik tuas gas.

Berkat fitur ISS inilah Honda Vario 150 bisa lebih irit dan kerap jadi pilihan masyarakat Indonesia. Kelebihan Honda Vario 150 lainnya adalah hadirnya fitur alarm yang jadi perangkat pengamanan ganda. Pada saat terjadi gerakan mencurigakan alarm pada motor akan menyala baik itu suara dan juga lampu.

Satu lagi yang menarik adalah penawaran harga dari honda Vario 150 lebih murah dibandingkan kompetitornya. Anda bisa cek harganya langsung melalui Blibli bahkan bisa melakukan pembelian. Di Blibli Anda bisa mengecek dan melakukan pembelian secara langsung jadi tidak perlu repot pergi ke dealer.

Semua tips membeli sepeda motor bisa Anda lakukan mulai dari sekarang dan pastikan untuk tidak terburu-buru pada saat membeli. Selalu teliti kembali harga, spesifikasi, tata cara pembayaran dan pastikan motor yang Anda beli sesuai kebutuhan.

Pos terkait