Ini Tanggapan Tokoh Agama di Jeneponto, Terkait Pergerakan Terbitnya Matahari Dari Utara

JENEPONTO, MATA SULSEL – Fenomena pergerakan matahari dari Utara ini, viral bahkan sampai ke Amerika Serikat dan ditanggapi langsung Imam Ali dari Amerika Serikat, ungkap Jamaah Mesjid Agung.

Dalam mukaddimahnya Ustadz H. Arifin Musdin menegaskan bahwa harus menjadi keyakinan kita Allah SWT lah yang mengatur, memelihara dan mengendalikan alam semesta ini, termasuk terbit dan terbenamnya matahari, termasuk kejadian yang viral kemarin.

Bacaan Lainnya

Ini yang diuraikan Ustadz H. Arifin Musdin, saat memberi Tausyiah Subuh di Mesjid Agung Jeneponto, Jumat (18/6/2021),

Lanjut ustadz mengatakan bahwa kejadian ini, telah digambarkan dalam Al Quran, QS Al Muzzammil (73) ayat 9, QS Ar Rahmaan (55) ayat 17 dan QS Al Ma’aarij (70) ayat 40.

Seperti yang dijelaskan dalam QS Al Ar Rahman ayat 17, “Tuhan memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan memelihara kedua tempat terbenamnya matahari”.

Olehnya itu, kejadian terbitnya matahari dari utara di Kabupaten Jeneponto adalah merupakan peristiwa biasa saat akan terjadi perubahan musim, ungkapnya.

Sementara itu KH. Muh. Jumatang Rate mengatakan bahwa kiamat harus menjadi keyakinan bagi kita sebagai muslim. Termasuk kiamat kecil, seperti terjadinya kematian dan bencana.

Kejadian begesernya matahari ke utara, menurutnya semua atas kuasa Allah SWT, tegas, KH. Muh. Jumatan Rate.

Ditempat yang sama Ustadz Sulaiman Tompo sebgai saksi mata kejadian ini, mengatakan memang benar ini kejadian yang biasa, tetapi tidak semua ummat memaknai hal biasa, ungkapnya.

Menurutnya, hal ini karena perbedaan persepsi yang dipengaruhi oleh budaya dan pengetahuan ummat. Olehnya itu diperlukan penjelasan agar kita memiliki persepsi yang sama agar semakin meningkat ketaqwaan kita kepada Allah SWT, terang ustadz Sulaiman Tompo. (*)

Pos terkait