Jaga Ketahanan Pangan, Pemkab Jeneponto Lakukan Program Ini !

JENEPONTO, MATA SULSEL – Pemerintah Daerah Kabupaten Kabupaten Jeneponto programkan lumbung pangan untuk puluhan kelompok tani di empat kecamatan. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Pola Panrangnuanta, Senin. (9/1/2023).

Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melaksanakan program penyediaan lumbung pangan masyarakat di empat titik.

Bacaan Lainnya

Penyediaan lumbung pangan dikhususkan kepada puluhan kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan dibeberapa wilayah kecamatan antara lain Bontoramba, Turatea, Kelara dan Tarowang.

Pelaksanaan awal program tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Iksan Iskandar dan penyerahan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan gabungan kelompok tani (gapoktan).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Jeneponto Hartawan GS menjelaskan program penyediaan lumbung pangan dimaksudkan sebagai upaya menjaga cadangan pangan.

Menurutnya, bantuan hibah dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebutuhan pangannya.

“Infrastruktur yang terbangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pertanian ini di antaranya adalah bangunan lumbung pangan berukuran 7×14 meter,” ujar Hartawan.

Sementara itu disela pendatangan prasasti, Bupati Iksan Iskandar menyampaikan harapan kepada para gapoktan agar dapat memaksimalkan peran lumbung pangan diwilayah masing-masing.

Hal itu lanjut Iksan merupakan salah satu cara untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat.

“kita harus memperhatikan cadangan pangan melalui peran Gapoktan di wilayah masing-masing,” pungkas Iksan. (*)

 

Pos terkait