Karutan Makassar Sediakan Media Kolam Bioflok Bagi Warga Binaan Budidaya Ikan Lele

Redaksi
10 Jan 2023 18:02
Berita 0 24
3 menit membaca

MAKASSAR, MATA SULSEL – Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin meninjau kolam bioflok budidaya ikan lele yang terletak di area Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) samping Gedung perkantoran.

Muhidin menyebut budi daya ikan lele ini merupakan salah satu jenis program pembinaan kemandirian yang akan diberikan kepada warga binaan di Rutan Makassar, Selasa, (10/12023).

“Ini salah satu upaya memberikan edukasi dan pelatihan bagi warga binaan, mulai dari proses pembuatan kolam, proses pengembangbiakan, pemilihan benih, proses penyortiran, hingga proses pemasaran,” ungkapnya.

Budidaya ikan lele kata Muhidin, muncul ketika meninjau lahan SAE yang terlihat kosong. Seketika berpikir untuk memanfaatkan lahan yang ada dengan pendampingan oleh salah satu petugas yang merupakan alumni Teknik Polteknik Pertanian Pangkep, Laode Muhammad Amin.

“Kebetulan kita ada pegawai yang paham dengan budidaya ikan lele, selain itu mentoring lewat youtube juga. Intinya kita sama-sama belajar, menggunakan sarana dan SDM yang ada. Tujuannya bagaimana warga binaan bisa berkegiatan, mengisi hari-hari selama menjalani masa pidana dengan hal-hal yang bermanfaat,” ujarnya antusias.

“Untuk hasil atau penjualan, kita belum sampai ke sana. Saat ini hanya berfokus kepada bagaimana ikannya tetap hidup dan pertumbuhannya bisa berkembang dengan baik. Kalau sudah besar, paling kita olah di dapur umum dan dinikmati oleh warga binaan,” ujarnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.