Kepala BKPSDM Jeneponto Bahas Manajemen Mutu di Pelatihan Kepemimpinan

MAKASSAR, MATA SULSEL – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Jeneponto H. Muhammad Basir, mengatakan bahwa manajemen bertujuan menjaga mutu dari suatu produk/jasa yang diberikan organisasi.

Dalam pengantar materinya H. Muhammad Basir mengungkap bahwa awal munculnya manajemen mutu adalah saat memasuki era industrialisasi yang didalamnya terjadi persaingan, dimana situasinya siapa yang menguasai jasa dan produk maka akan dapat menguasai konsumen dan pasar.

Bacaan Lainnya

Dia juga menjelaskan bahwa di pemerintahan konsep manajemen mutu outputnya adalah pelayanan prima dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia di instansi atau lembaga pemerintahan.

Kendati demikian dalam pelayanan prima ini maka fungsi manajemen harus hadir untuk mendesain pelayanan yang tepat sasaran kepada masyarakat, katan Muhammad Basir saat membawa materi Manajemen Mutu pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di Lynt Hotel Makassar, Sabtu (26/6/2021).

Lanjut Kepala BKPSDM mengatakan bahwa dalam pemerintahan sebagai suatu organisasi, harus memberi pelayanan prima untuk mencapaian tujuan organisasi.

Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Jeneponto dalam mendorong peningkatan Pelayanan Prima maka dilaksanakan kegiatan Excellent Servis bagi pelaksanaan pemerintahan ditingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Menurut Kepala BKPSDM, jika Pelayanan Prima berjalan dengan baik maka akan mendorong peningkatan Tingkat Kepuasan Masyarat terhadap layanan yang telah diberikan, katanya.

Di Jeneponto telah dilakukan survei tingkat kepuasan masyarakat. Namun dalam perkembangannya ternyata masih banyak indikator yang tidak terpenuhi, sehingga diperlukan manajemen mutu.

Dia berharap agar peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dapat berkontribusi dalam peningkatan tingkat kepuasan masyarakat, pungkasnya. (*)

Pos terkait