Layanan VSAT Star Telkomsat Bantu Warga Papua Pegunungan Perkuat Konektivitas Digital

Redaksi
14 Sep 2023 18:24
INDUSTRI 0 34
2 menit membaca

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, Telkomsat yang berfokus pada bisnis satelit, terus mendukung program pemerintah Indonesia untuk percepatan implementasi digitalisasi nasional.

Sebagai salah satu layanan dari Telkomsat, VSAT Star telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Pegunungan.

Penyediaan layanan ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah tersebut dan mendukung percepatan serta perluasan pembangunan ekonomi Indonesia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), sesuai dengan visi Pemerintah Republik Indonesia.

Saat ini Telkomsat merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki Hak Labuh Satelit Non Geostationer (NGSO) Starlink khusus untuk layanan backhaul.

VSAT Star adalah layanan komunikasi yang berbasis konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit) Starlink untuk menghubungkan jaringan akses (access network) dengan jaringan utama (core network).

Layanan ini memiliki kecepatan data hingga 200 Mbps per titik, yang menjadikannya solusi ideal untuk mengatasi tantangan konektivitas di daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Kepala Dinas Kominfo Papua Pegunungan, Kalvin Billin mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan ingin menyampaikan apresiasi mendalam kepada layanan VSAT Star yang disediakan oleh Telkomsat.

Sebelum kehadiran layanan ini, kami mengalami kekurangan fasilitas jaringan yang khusus untuk melayani kantor, dan terpaksa meminjam layanan akses internet dari Pemerintah Kabupaten.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.