Peduli Sampah, Warga Binaan Rutan Makassar Kumpulkan 25 Kg Sampah Bernilai Ekonomis

MAKASSAR, MATA SULSEL – Setelah menjajaki kerjasama sebelumnya dalam rangka pemanfaatan sampah plastik, untuk pertama kalinya Bank Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melakukan penimbangan sampah yang telah dikumpulkan warga binaan di Rutan Makassar, Senin, (16/11/2020).

Didampingi oleh Kepala Sub Seksi Bantuan Hukum Penyuluhan, Angga Satrya bersama Yulil Amri, staf BHP yang juga menjabat Direktur Bank Sampah Rutan Makassar, perwakilan warga binaan tampak antusias menimbang langsung sampah yang selama ini telah mereka kumpulkan.

Bacaan Lainnya

“Hasilnya ada 25 Kg sampah botol plastik yang dikumpulkan,” ujar Angga setelah proses timbang selesai.

Menurut Angga, proses timbang dilakukan lebih cepat dari jadwal sebelumnya untuk memberi motivasi kepada warga binaan untuk lebih semangat dan lebih giat dalam mengumpulkan dan memilah sampah-sampah yang ada di Rutan.

“Disaksikan secara langsung oleh warga binaan, agar mereka lebih bersemangat, toh hasilnya nanti juga untuk mereka, kami sebatas memfasilitasi,” lanjut Angga.

Sementara itu secara terpisah Karutan Makassar, Sulistyadi menyebut kerjasama dengan Bank Sampah Pusat Kota Makassar diharap mampu mengubah mindset warga binaan bahwa sampah juga mampu menghasilkan nilai ekonomis.

“Secara tidak langsung membuat warga binaan untuk turut peduli menjaga kebersihan lingkungan. Disamping sehat dan bersihnya dapat, juga memberi manfaat nilai ekonomi bagi warga binaan,” ujar Sulistyadi. (*)

Pos terkait