PT Vale Ajak Masyarakat Menjaga Bumi di Hari Peduli Sampah Nasional

Redaksi
25 Feb 2023 11:02
Berita 0 36
4 menit membaca

LUWU TIMUR, MATASULSEL.COM – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) turut andil dalam pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan bersama komunitas metamorfosa Desa Sorowako dan Forum Anak, beserta Pemerintahan Desa Kelurahan yang berada di Kecamatan Nuha.

Mengambil lokasi di Tempat Pembuangan Sampah Sementara Terpadu (TPST) Morina Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Jumat (24/2/2023), kegiatan ini sukses menghadirkan refleksi atas musibah TPA Leuwi Gajah, Cimahi – Jawabarat pada tahun 2005 silam sebagai upaya menggugah kesadaran dan kepedulian bersama.

Ketua Pelaksana kegiatan Peringatan (HPSN) ini, Jihadin Peruge mengatakan, kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, salah satunya dalam mendukung Gerakan stop penggunaan kantong plastik di toko-toko ritel ataupun koperasi.

“Kami berterima kasih sekali karena salah satu kegiatan yang akan kita lakukan adalah pendandatangan bersama pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten Luwu Timur, bersama ritel-ritel yang ada di sekitar Sorowako untuk bersepakat menghentikan pengadaan kantong plastik di toko-toko ritel di Kecamatan Nuha. Semoga ini bisa dilakukan se-Luwu Timur,” katanya.

Tentunya, kata Kepala Desa Sorowako ini, program tersebut diharapkan dapat terus berjalan optimal, salah satunya dukungan para pihak terhadap peningkatan TPST Morina yang telah banyak membantu pengurangan sampah ke TPA sejak empat tahun yang lalu untuk wilayah Sorowako dan Kecamatan Nuha.
Sementara itu, Bupati Luwu Timur Budiman mengapresiasi kolaborasi para pihak yang merupakan langkah sangat tepat sekali.

Budiman berharap, program ini sejalan dengan yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, di awal tahun 2023 dimulai dari lingkungan ASN untuk terus menginspirasi seluruh lapisan masyarakat di Luwu Timur.

Program tersebut adalah membersihkan, menanam, bebas asap rokok, dan berjalan menuju tempat kerja pada tanggal 5 disetiap bulannya.

“Hal ini sebagai upaya menjaga lingkungan di Luwu Timur. Kalau ini masif kita lakukan, mudah-mudahan ini akan menjadi kebaikan bagi lingkungan,” ujarnya.

Chief Operating Officer (COO), Abu Ashar menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas terwujudnya kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.