Rakerda IV PHRI Sulsel Tekankan Pemulihan Ekonomi Lebih Cepat

MAKASSAR – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV 2023, Sabtu (28/1/2023).

Menariknya, Rakerda dengan tema ‘Pulih Lebih Cepat Tumbuh Berkelanjutan’ ini digelar di Kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatannya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menggandeng Kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) menggelar Seminar Nasional bertajuk Optimisme Industri Pariwisata 2023 Menuju Pertumbuhan berkelanjutan.

Kegiatan ini digelar di Gedung Amanagappa Poltekpar Makassar, Sabtu (28/1/2023) yang  merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV BPD PHRI Sulsel.

Ketua Panitia, Zulkifli Nur menyebut, beberapa agenda digelar PHRI Sulsel dalam rangkaian Rakerda seperti festival kuliner yang digelar pelataran Hotel Claro Makassar dan diikuti sebanyak 18 UMKM.

Seminar nasional ini menghadirkan Ekonom dari Unhas Prof Marsuki DEA, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya, M Firdauz Muttaqin selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

“Di hari tterakhir pada hari Minggu ada Fun Bike yang akan diikuti 700-an peserta,” sebut Zulkifli.

Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejateraan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari yang hadir mewakili Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh PHRI Sulsel.

Pasalnya Pemprov Sulsel memang akan menjadikan jasa industri pariwisata sebagai salah satu sektor yang diandalkan di tahun 2023.

“Sektor-sektor jasa utamanya Pariwisata di tahun 2023 akan menjadi andalan kita. Bagaimana mendorong pertumbuhan melalui peningkatan transaksi pada sektor ini,” katanya.

Sementara, Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga menjelaskan, Rakerda kali ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab, Rakerda ini melibatkan mahasiswa Poltekpar Makassar dalam pelaksanaannya.

“Ini pertama kali Rakerda PHRI digelar di kampus. Kita mau dari Kampus Poltekpar, menebar kebaikan bahwa 2023 lebih baik,” jelas Anggiat.

Sementara itu, Direktur Polktekpar Makassar, Drs Muhammad Arifin memberikan apresiasi kepada PHRI Sulsel yang telah berkolaborasi dengan Poltekpar Makassar.

“Apresiasi kepada PHRI yang telah berkolaborasi melalui Rakerda dan melalui seminar,” kata Arifin.

“Kolaborasi Poltekpar Makassar dan PHRI banyak, seperti mahasiswa Poltekpar dilibatkan dalam praktik di hotel, alumni juga banyak bekerja di hotel bahkan jadi GM,” tambah Arifin.

Pos terkait