Cegah PMK, Babinsa Kodim Jeneponto Lakukan Pengawasan Lalulintas Hewan Ternak

JENEPONTO, MATA SULSEL – Babinsa Koramil 05/Batang Sertu Yawing Kodim 1425/Jeneponto Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin, yang tergabung dalam Tim Satgas Terpadu PMK Kabupaten Jeneponto, bersama instansi terkait lakukan pengawasan lalulintas hewan ternak, di Pelabuhan Laut Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto. Minggu, (26/03/2023).

Di ketahui bahwa, Sertu Yawing Babinsa Koramil 05/Batang Kodim 1425/Jeneponto merupakan salah satu Babinsa yang menerima “Piagam ucapan terimakasih dari Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., Menteri Pertanian RI, dan Piagam penghargaan dari Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han), atas pendampingan dan dukungan dalam pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Bacaan Lainnya

Babinsa Sertu Yawing mengatakan pengawasan dan pemeriksaan di lakukan terhadap Tiga buah Kapal dari Pelabuhan Laut Reo Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, di antaranya, KLM. Hidayatullah, muatan 100 Ekor Kerbau, 10 ekor Sapi, KLM Surya Indah, muatan 100 ekor Kerbau dan KLM. Pelita Abadi, muatan 80 ekor Kerbau.

Tujuan kegiatan tersebut, lanjut Babinsa Sertu Yawing, adalah sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tentang mitigasi bencana hewan ternak potong yang rentan terinfeksi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dalam rangka pengawasan dan penegakan Bio Security serta mencegah penyebaran Virus PMK di wilayah Kabupaten Jeneponto khususnya Sulawesi Selatan.

Sementara penanggung jawab wilayah kerja Karantina Pertanian Kabupaten Jeneponto, Muhammad Idrus, S.H., menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan fisik dan dokumen serta penyemprotan disinfektan terhadap hewan ternak dan ABK.

Menurutnya, hasil pemeriksaan klinis dari petugas Karantina Pertanian Kabupaten Jeneponto dan instansi terkait di lapangan, bahwa seluruh hewan yang masuk ke pelabuhan Laut Bungeng Kabupaten Jeneponto Sulsel dinyatakan hewan – hewan ternak tersebut sehat, bebas dari PMK.

Penulis : Seda Irfan (Penerangan Kodim 1425/Jeneponto).

Diskmonfo

Pos terkait