SIPAKI, Menu Sehat Kampung KB Lembang Raih Juara 2 Nasional

MEDAN, MATA SULSEL – Kampung Keluarga Berkualitas Kelurahan Lembang Kecamatan Bantaeng ditetapkan menjadi Juara 2 pada Kompetisi Kreasi Menu DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) Tingkat Nasional yang diselenggarakn oleh BKKBN dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 Tahun 2022.

Kabid KBPP Sahruddin Dg. Rido, S.Sos., MM mengatakan bahwa
sebelumnya, Kampung KB Lembang masuk sebagai 6 (enam) terbaik tingkat nasional bersama Kampung KB dari Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Badung Provinsi Bali, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kulon Progo Provinsi DI Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Kampung KB Lembang yang terletak di Kelurahan Lembang Kecamatan Bantaeng ini merupakan satu-satunya Kampung KB diluar Jawa dan Sumatera yang berhasil lolos menjadi yang terbaik mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

“Piagam penghargaan itu diterima langsung oleh Lurah Lembang Faradyta Tamara, S.STP. yang didampingi Penyuluh KB Syafriadi, S.Sos., serta pendamping dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bantaeng,” ujar Saharuddin.

Pada acara Webinar, Dialog dan Apresiasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Efendy sebagai Keynote Speaker dan Kepala BKKBN RI Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) bertempat di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Centre Kota Medan, Rabu 06 Juli 2022.

Dijelaskan SHlahruddin, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Keluarga Nasional XXIX Tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Medan Provinsi Sumatra Utara.

Kampung KB Lembang pada awal pembentukannya pada tahun 2017 masih setingkat Dusun/RW yang bernama Kampung KB Tamalangnge dimana pada saat ini statusnya menjadi tingkat Kelurahan. Berbagai intervensi dan program yang dilaksanakan di Kampung KB tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pemerintah Kelurahan Lembang bersama Ketua Pokja Kampung KB, Penyuluh KB dan Kader DASHAT membuat kreasi menu sehat yang diikutkan pada kompetisi Menu Dashat Tingkat Nasional tersebut. Menu tersebut diberi nama SIPAKI yang terdiri dari Nasi Merah, Pallumara Ikan Tuna dan Lawara Pakis. Penilaian dari dewan juri nasional menggunakan dua tahap yaitu desk review dan wawancara secara virtual.

“Apresiasi penghargaan ini melengkapi penghargaan yang diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng yang juga diserahkan pada kegiatan yang sama. Seperti diketahui bahwa dalam 10 tahun terakhir, Kabupaten Bantaeng telah meraih beberapa penghargaan tingkat nasional di Bidang Keluarga Berencana,” tambahnya.

Sebelumnya, tahun 2021 Bupati Bantaeng H. Ilham Syah Azikin juga telah menerima penghargaan tertinggi Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala BKKBN yang dinilai sebagai sosok Kepala Daerah yang menonjol dan berdedikasi tinggi dalam mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana,” imbuhnya. (*)

Pos terkait