113 Pengendara Terjaring Swab On The Road, 1 Orang Reaktif Covid-19 di Posko Terminal Malengkeri

113 Pengendara Terjaring Petugas saat operasi Swab On The Road, 1 Orang Reaktif Covid-19 di Posko Terminal Malengkeri, Minggu (22/8/2021)

MAKASSAR – Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Makassar Iman Hud mengatakan, sebanyak 113 pengendara terjaring operasi Swab On The Road (SOTR), terdapat 1 orang diantaranya Reaktif Covid-19 yang digelar di Posko Terminal jalan Malengkeri Makassar, Minggu (22/8/2021),

“Sebanyak 113 orang, sesi pagi 75 orang ditambah siang harinya 38 orang, dan 112 orang Negatif, 1 orang dinyatakan Reaktif,” katanya.

Bacaan Lainnya
Dishub Makassar,  SOTR Dishub Makassar, band uye, Acoustik Swab On The Road,  SOTR,  Posko Malengkeri, Tim SOTR,  covid-19, pekerja seni
Petugas melakukan Swab Anti Gen kepada Warga Pengendara di Posko Terminal Malengkeri

Lanjutnya, kegiatan SOTR yang digelar sejak pagi hingga sore tersebut, menyasar ratusan pengendara roda dua dan roda empat. Setiap yang lewat dilakukan pemeriksaan swab Anti gen, untuk mendeteksi dan memutuskan mata rantai penularan covid-19.

Menariknya, dalam kegiatan SOTR di Posko Terminal Malengkeri, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar menghadirkan personil Band Uye asal Makassar. Band Lokal ini tampil piawai menghibur warga yang sedang menunggu antrian di Swab anti gen.

Swab on the Road, SOTR,  SOTR Dishub Makassar, dishub makassar, pekerja seni, band uye, anak band, acoustik dishub makassar, acoustik swab on the road,  iman hud,  humas dishub makassar
Personil Band Uye asal Makassar tampil menghimbur warga dan petugas dalam Swab On The Road di Terminal Malengkeri, Minggu (22/8/2021)

Tidak ketinggalan Kadis Perhubungan Kota Makassar Iman Hud juga ikut bernyanyi meramaikan kegiatan Swab On The Road. Termasuk para Petugas pun ikut larut dalam suasana musik.

Diketahui sejauh ini, Tim Satgas Covid-19 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, menggelar Swab On The Road (SOTR) dengan menggandeng para komunitas Musisi di Empat Titik lokasi di Kota Makassar,

Iman menjelaskan, keterlibatan Komunitas Musisi Band dalam kegiatan Swab On The Road merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Makassar untuk menjangkau kalangan komunitas yang terdampak penerapan PPKM.

“Mereka juga golongan yang terdampak. Para musisi ini tidak terakomodir dengan baik selama pandemi Covid-19. Padahal, mereka juga memiliki keluarga, istri, dan anak yang membutuhkan biaya hidup. Itulah sebabnya mereka kita gandeng dalam acara ini,” jelas Iman.

Lanjut Iman menambahkan, pihaknya optimis dengan pelibatan musisi lokal dalam STOR sangat efektif dalam membantu mensosialisasikan pesan secara humanis dan persuasif kepada masyarakat untuk tidak takut menjalani Swab antigen.

“Kita berharap kehadiran para seniman ini dapat menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi melakukan swab antigen tanpa paksaan,” imbuhnya.

Tim Satgas covid-19 Dishub Makassar, saat ini, massif menggelar Swab On The Road, yang mana dimulai sejak Kamis (12/8/2021) lalu hingga Senin (23/8/2021) dan berlangsung setiap hari pukul 08.00 hingga 14.00 WITA.

Saat ini kata Iman, terdapat 4 titik Posko pelaksanaan STOR. Dimana setiap harinya pihaknya menargetkan 100 orang yang di Swab di setiap titik posko. Ia berharap dengan STOR yang massif dapat efektif menurunkan tingkat Level yang lebih rendah di Kota Makassar.

Adapun ke empat titik Posko SOTR saat ini berada di Jalan Mallengkeri, Jalan Aroepala, Bumi Permata sudiang (BPS) dan di jalan penghibur pantai losari. Dengan sasaran warga pengendara roda 4 dan roda 2 serta masyarakat yang melanggar prokes.

Menurut Iman, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melaksanakan SOTR sasaran masyarakat dan pelaku usaha termasuk karyawannya secara mobile.

“Sekarang kita memperbanyak melakukan Swab Mobile titik-titik kerumunan tertentu
dengan mendatangi tempat keramaian dan kerumunan diantaranya tempat perbelanjaan, mini market, Warkop, pasar, tempat yang dianggap ramai dan berkerumun.” pungkasnya. (Arya)

Pos terkait