Pemkab Gowa Siapkan Kuota Beasiswa di Bidang Ilmu Hukum Unhas Bagi Lulusan Terbaik

Penandatanganan kerjasama program beasiswa seperempat abad disaksikan Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan YL, Senin (29/5) di Gowa. doc.humas

GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa melakukan Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) tentang Program Investasi Sumber Daya Manusia Seperempat Abad.

Penandatanganan Kerjasama ini berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (29/5).

Bacaan Lainnya

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kerjasama ini sebagai upaya untuk mecetak Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Gowa yang berkualitas dalam Bidang Ilmu Hukum khususnya Administrasi Negara.

“Kerjasama ini tiada lain untuk mempersiapkan SDM yang lebih baik khususnya dalam bidang Ilmu Hukum terkhusus Administrasi Negara,” ujar Adnan.

Lanjut orang nomor satu di Gowa ini, SDM yang memiliki keahlian di bidang ilmu hukum sangat dibutuhkan terutama di dunia pemerintahan khususnya di Pemerintah Kabupaten Gowa. Adnan menyebutkan dalam pengambilan suatu kebijakan oleh kepala daerah harus berlandaskan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

“Menjadi penting apabila kita mendorong agar semakin banyak orang yang memiliki latar belakang keilmuan hukum, terutama terkait administrasi negara,” jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Adnan menyebutkan, dalam kerjasama ini Pemkab Gowa mengirim 10 orang penerima beasiswa yang akan dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Gowa hingga masa pembelajaran selesai. Adnan berharap kedepan SDM Kabupaten Gowa semakin baik terutama yang memiliki keahlian di bidang hukum sehingga bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah Kabupaten Gowa.

“Kita berharap kedepannya bibit-bibit SDM yang ada di Kabupaten Gowa memiliki pengetahuan terkait dengan hukum, sehingga kedepan ketika melanjutkan karir di dunia pemerintahan bisa selalu berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang tentunya aman dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Hamzah Halim menyampaikan terimakasih Kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas kepercayaannya menjadikan Fakultas Hukum Unhas sebagai mitra dalam Program Investasi Sumber Daya Manusia (SDM) Seperempat Abad.

Dirinya menjelaskan, berdasarkan mandat dari Kemenpan RI, Fakultas Hukum Unhas merupakan satu-satunya Fakultas Hukum di Indonesia yang memiliki program studi hukum administrasi negara.

Bahkan menurut Prof Hamzah Halim Program Studi Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Unhas sudah terakreditasi internasional tingkat regional Asia Tenggara ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), sehingga lulusannya setara dengan lulusan perguruan tinggi yang ada di Asean.

Olehnya itu dirinya berharap nantinya lulusan dari program ini bisa mengabdi di pemerintahan untuk menciptakan sistem birokrasi yang lebih baik lagi masa yang akan datang.

“Diharapkan 10 orang ini dapat men-trigger seluruh sumber daya yang ada di Pemkab Gowa dalam menuju reformasi birokrasi yang nyata. Setelah studi, mereka akan melanjutkan bekerja di pemda, kecamatan, kelurahan, atau desa untuk men-trigger SDM lain untuk mewujudkan cita-cita dan program reformasi birokrasi dalam Pemerintahan Gowa,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Penandatanganan Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Universitas Hasanuddin, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad dan para Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa serta jajaran civitas akademika Fakultas Hukum Unhas. **

Diskmonfo

Pos terkait