Dinas LH Jeneponto Gandeng PT PLN Persero Punagaya Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

JENEPONTO, MATA SULSEL – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan PT. PLN (Persero) UPK Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto menggelar sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga dan pembentukan bank sampah.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Sabtu (21/8/2021).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto M. Basuki Baharuddin, SE, Manager PT. PLN (Persero) UPK Punagaya yang diwakili oleh Firmansyah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto Abdul Rahmat, SE, MM, Kepala Seksi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto Shanty Diar Pratiwi, SE.,M.Si, Sekdes Punagaya Muh. Yunus, para kepala dan imam dusun, tokoh masyarakat dan perwakilan ibu rumah tangga Desa Punagaya yang berjumlah 45 orang.

Firmansyah yang mewakili Manager PLTU PLN Punagaya dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman awal kepada masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga melalui bank sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis dan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, ujarnya.

Sekretaris Desa Punagaya Muh. Yunus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kadis Lingkungan Hidup Jeneponto yang telah meluangkan waktunya hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut yang juga menyempatkan waktunya untuk hadir sebagai narasumber.

“Semoga kita dapat mewujudkan pembentukan bank sampah di Desa Punagaya,” harap Yunus.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto M. Basuki Baharuddin dalam sambutan dan arahannya sangat mengharapkan agar kiranya kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik, bagi masyarakat Desa Punagaya dalam upaya pengelolaan sampah rumah tangga secara berkelanjutan.

Basuki dalam pemaparan materinya memberikan ucapan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) UPK Punagaya yang punya perhatian besar dan serius terhadap upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup khususnya dalam pengelolaan sampah melalui bank sampah.

Di tempat yang sama Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto Abdul Rahmat, SE, MM dalam meterinya menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga melalui bank sampah.

Dikatakannya, bank sampah ini secara kuantitas dapat mereduksi jumlah timbunan sampah yang dihasilkan masyarakat setiap harinya khususnya sampah anorganik.

Rahmat menambahkan bahwa manfaat dari pembentukan bank sampah adalah terciptanya lingkungan yang bersih. Selain sampah sudah bernilai ekonomis dan terwujudnya progran pengelolaan sampah yang berkelanjutan, pungkas mantan komisioner KPU Jeneponto tersebut.

Selain penyampaian materi oleh dua narasumber langsung dilanjutkan dengan pembentukan pengurus bank sampah dan nama bank sampah Desa Punagaya.

Adapun pengurus yang terpilih, yakni Direktur Hasanuddin, Sekretaris Sultan dan Bendahara Rismawati, dilengkapi
dengan pengurus yang berjumlah 15 orang

Sementara nama bank sampah yang disepakati adalah Bank Sampah Sabrina, akronim dari Saya Bersih, Punagaya Asri atau Samping Biringna Punagaya.

Sebelum acara sosialisasi berakhir juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan buku tabungan nasabah, buku besar dan buku registrasi nasabah dari Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto kepada pengurus bank sampah yang terpilih yang disaksikan oleh perwakilan PT. PLN (Persero) UPK Punagaya.

Pembentukan bank sampah ini dimaksudkan guna mewujudkan Program Sadar Sukma 2022 (Satu Desa/Kelurahan, Satu Bank Sampah) di Kabupaten Jeneponto. (**)

 

Pos terkait