Gerai Donor Darah Hadir di NIPAH PARK

MAKASSAR – NIPAH PARK berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar memberikan kemudahan bagi masyarakat Makassar yang membutuhkan transfusi darah dengan membuka gerai donor darah.

Peresmian gerai donor darah yang terletak di Public Service Area, Lantai Basement NIPAH PARK digelar pada Senin (15/6), pukul 11.00 WITA.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Syamsu Rizal yang akrab disapa Deng Ical, mengungkapkan bahwa PMI sangat mengapresiasi dukungan dari NIPAH PARK.

“NIPAH PARK memberikan dukungan dan pelayanan yang luar biasa kepada PMI Kota Makassar. Alhamdulillah masyarakat bisa berdonor di sini. Hadirnya gerai donor darah di NIPAH PARK semakin mendekatkan pelayanan pendonoran kita. Ini gerai donor darah PMI yang ketiga selain di MaRI dan UNHAS, mudah-mudahan kolaborasi strategis ini bisa mendekatkan pelayanan kita dengan masyarakat dan semoga dapat membantu ketersediaan pasokan darah di PMI Kota Makassar serta mempermudah masyarakat dalam mendapatkan transfusi darah,” ungkapnya.

Syamsul Rizal pun mengatakan target kantong darah di gerai donor darah NIPAH PARK yaitu sebanyak 25 kantong per hari dari target keseluruhan kantong darah Kota Makassar sebanyak 100-150 kantong per hari.

“Dari Mal Ratu Indah sudah 50 kantong darah per hari, di sini (NIPAH PARK) 25 kantong, dan dari mobile unit kita targetkan bisa mencapai 100 kantong, karena tiga hari terakhir kebutuhan darah ta’lewak-lewakki, semua diatas angka normal. Pernah 279, 363, dan 290 kantong. Luar biasa kebutuhan darah akhir-akhir ini,” imbuhnya.

Syamsu Rizal juga menambahkan sebelum membuka gerai donor darah secara resmi, PMI melakukan uji coba selama dua hari pada tanggal 14 – 15 Mei 2022.

“Alhamdulillah proses evaluasi kita bagus tidak ada yang keluar dari SOP, mulai dari fasilitas mal yang di support oleh NIPAH sampai kepada alur pelaksanaan donor darah yang sudah sesuai dengan standar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Kesehatan,” tambah Syamsu Rizal.

Sementara itu, NIPAH Office & Shopping Centre Manager, Deasy Rostianti Effendy, menambahkan, kolaborasi dengan PMI Kota Makassar ini sejalan dengan konsep NIPAH PARK yaitu menyediakan fasilitas pelayanan terpadu untuk kegiatan sosial.

“Hadirnya UTD PMI adalah salah satu yang paling kami targetkan untuk terealisasi sebagai wujud komitmen kami menyediakan fasilitas pelayanan terpadu. Alhamdulillah di tahun 2022 ini semuanya sudah rampung dan sudah siap baik dari sisi NIPAH PARK dan PMI sendiri, jadi kita bisa opening setelah lebaran ini,” imbuhnya.

Menurut Deasy, hal ini juga selaras dengan kondisi pandemi yang perlahan telah bergeser ke kondisi normal dan menerapkan konsep hidup yang jauh lebih sehat.

“Hampir semua unit properti PT Kalla Inti Karsa selalu menggandeng dan melibatkan PMI. Sebelumnya kami sudah bekerja sama dengan membuka gerai donor darah di Mal Ratu Indah, selain itu kami juga rutin menggelar program donor darah di Wisma Kalla. Yang paling dinanti-nanti ya NIPAH PARK ini. Saya harap ini juga memperkuat komitmen NIPAH PARK yang tak hanya menjadi pusat perbelanjaan tapi juga menjadi tempat untuk melakukan aktivitas kemanusiaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Donor Darah PMI Kota Makassar, Fadly Arifuddin (Fadly ‘Padi’), tak luput memberikan apresiasi dan antusiasmenya kepada NIPAH PARK dan PMI atas peresmian gerai donor darah ini.

“Kurang lebih satu tahun belakangan ini saya aktif kembali di UTD PMI dan saya melihat banyak ide-ide besar dari UTD PMI Kota Makassar yang seharusnya juga diimplementasi di kota-kota lain. Cara-cara kampanye pop (di mal) seperti ini, membuat masyarakat semakin dekat dan aware dengan kegiatan-kegiatan kemanusiaan,” ungkap Fadly.

Fadly pun berharap kolaborasi yang dilakukan dengan NIPAH PARK bisa juga diaplikasikan di kota kota lain, sebab donor darah sudah menjadi salah satu gaya hidup.

Adapun gerai donor darah NIPAH PARK beroperasi setiap hari, mengikuti jam operasional mal yaitu pukul 10.00-21.00 WITA. Seperti diketahui, selain gerai donor darah, NIPAH PARK juga telah menyediakan Gerai SIM bekerja sama dengan Polrestabes Makassar dan Gerai Dukcapil Pemerintah Kota Makassar.

Turut hadir pada peresmian tersebut Ketua PMI Kota Makassar, Dr. H. Syamsu Rizal Marzuki Ibrahim, M.Si, Duta Donor Darah PMI Kota Makassar Fadly Arifuddin (Fadly ‘Padi’), Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar dr. Hj. Sukmawati, NIPAH Office & Shopping Center Manager Deasy Rostianti Effendy, dan jajaran pengurus PMI Kota Makassar serta manajemen mal.

 

Pos terkait