Iman Hud: Swab On The Road Hari ke-12, Tingkat Deteksi Positif Covid-19 Turun 1.7 Persen

Swab on the road
Iman Hud: Swab On The Road Hari ke 11 Tingkat Positif Covid-19 Turun 1 Persen

MATA SULSEL,  MAKASSAR – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Iman Hud mengungkapkan, kegiatan Swab In The Road (SOTR) hingga hari ke-12 menunjukkan hasil dimana Tingkat Kasus Positif Covid-19 terdeteksi menurun sebesar 1.7 persen.

Dishub makassar swab on the road
Operasi Swab On The Road menyasar pengendara Roda dua dan Roda Empat

“Tingkat positif covid 19 yang terdeteksi itu semakin berkurang, yang kemarinya di tingkat 3% ke 2% dan sekarang di tingkat 1.7%,” ungkap Iman, Senin (23/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut mantan Kepala Satpol PP Makassar, dengan massifnya gerakan petugas melakukan Swab anti gen kepada warga pengendara Roda dua dan Roda empat di jalan raya, diharapkan signifikan menurunkan level PPKM ke tingkat yang paling rendah.

“Mudah-mudahan ini signifikan dengan keadaan yang sesungguhnya secara umum, akan tetapi kita berharap di PPKM level 4 ini kita menurun”, ujar Iman.

Lanjut Iman menjelaskan, meskipun tingkat mobilitas penduduk yang terdeteksi kasus positif covid-19 melalui Testing signifikan menurun, namun dari sisi tracing kata Iman masih rendah sehingga tidak terbaca di https://silacak.kemkes.go.id/dhis-web-commons/security/login.action yang merupakan Program Nasional.

Dishub makassar, swab on the road,
Petugas gabungan menggelar operasi Swab On The Road bagi pengendara di jalan raya.
Hingga hari ke-12 Tingkat Positif Covid-19 Turun 1.7  Persen

“Ini kita berbuat saja dulu karena memang banyak yang harus diperbaiki, belum sempurna termasuk tracing, ini menjadi refleksi, renungan, kajiannya seperti itu, paling tidak ada beberapa data yang memang trendnya positif itu mungkin poinnya.” imbuhnya.

Iman berharap, dengan Swab On The Road (SOTR) sebagai bagian program Makassar Recover yang dicanangkan Walikota Makassar Moh. Ramdhan “Danny’ Pomanto, mampu mendorong peningkatan kesadaran masyarakat untuk melakukan Vaksinasi sehingga perekonomian semakin membaik.

“Ini semata mata untuk kepentingan masyarakat, bahwa memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 perlu kerjasama seluruh elemen masyarakat termasuk melakukan vaksinasi agar tercapai herd immunity sebagai bagian upaya pemulihan ekonomi,”ujarnya.

Berdasarkan data hasil SOTR hingga hari terakhir  ke-12, yang di laporkan mulai tanggal (12/8/2021) sampai dengan (23/8/2021) terdapat sebanyak 5.211 orang yang telah di swab anti gen, 92 orang diantaranya positif covid-19, dengan persentase sebesar 1.7 persen atau menurun dibandingkan hari sebelumnya.

Terkait rencana di perpanjangnya masa SOTR di makassar. Iman mengatakan “Kita tunggu petunjuk dari bapak walikota, apakah ada model baru atau swab on the road ini ditindak lanjuti kembali, kita tunggu perintah”

“Atas nama Walikota Makassar, dan saya Kadishub selaku koordiantor mengucapkan terima kasih, Ini tidak terlepas dari semua stakeholder yang terlibat seperti TNI-POLRI, Kejaksaan,  Dishub Makassar, Satpol PP Makassar, Dinas kesehatan ataupun instansi pendukung lainnya termasuk para musisi”

“Kalau pun ada kelemahan dan kekurangan mungkin keterbatasan kami, mudah-mudahan kita akan memperbaikinya semua kekurangan itu,” pungkasnya (arya).

Pos terkait