Kaurpam Rindam XIV/Hasanuddin Raih Doktor di UMI Dengan Predikat Sangat Memuaskan

Arifuddin Lau
3 Mar 2023 16:34
KAMPUS 0 21
3 menit membaca

MAKASSAR, MATA SULSEL –– Kaurpam Rindam XIV/Hasanuddin, Letnan Satu (Lettu) Inf Hariono, resmi bergelar doktor setelah dinyatakan lulus dalam ujian promosi doktoral di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jumat (3/3/2023).

Hariono sendiri diketahui memiliki banyak prestasi di bidang akademis. Juga segudang pengalaman selama berkarir di militer Khusunya di TNI AD.

Hariono pernah terlibat dalam Operasi Pemulihan Keamanan Aceh Tahun 2001, Operasi Pengamanan Perbatasan di Papua-PNG Tahun 2023, dan Operasi Tanah Rencong Aceh Tahun 2005.

Dari semua pengalaman itu, Hariono banyak menerima tanda kehormatan dari Presiden RI. Seperti Satya Lencana Darma Nusa 2011, Satya Lencana Darma Nusa 2013, Satya Lencana Darma Nusa 2016, Satya Lencana Kesetiaan VII Tahun 2015, serta Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun 2017.

Perwira TNI AD berpangkat dua balok ini, berhasil raih doktor predikat sangat memuaskan dey mempertahankan disertasinya yang berjudul “Hakikat Pelibatan TNI dalam Operasi Militer Selain Perang Guna Menciptakan Keamanan Nasional”.

Penulisan disertasinya dibimbing oleh Promotor, Prof La Ode Husen, Prof Sufirman Rahman yang juga Direktur Program Pascasarjana UMI sekaligus bertindak sebagai pimpinan sidang, didampingi Prof Abdul Rahman selaku Ko Promotor.

Hariono berhasil mempertahankan disertasinya di depan enam guru besar hukum yakni Prof Syahruddin Nawi, Prof Kamal Hidjaz, Dr Nurul Gamar, Dr Ilham Abbas, Prof Abrar Saleng selaku penguji exsternal, dan Dr Mus Ilsan selaku penguji lintas disiplin ilmu.

“Alhamdulillah semua prestasi ini di dapatkan dengan baik, karena berkat dukungan seluruh pimpinan TNI AD khususnya di Pangdam XIV Hasanuddin, dan Danrindam. Termasuk saudara saya Andi Raja Nasution, ” ucap Hariono.

Hariono menuturkan, dalam desertasinya memuat temuan bahwa pelibatan TNI dalam Operasi Militer selain perang guna menciptakan keamanan nasional adalah kebutuhan negara.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.