Merajut Kemandirian Membangun Kedewasaan Untukmu Indonesia

Arifuddin Lau
20 Mar 2023 09:17
EDUKASI 0 74
2 menit membaca

Catatan di Pelantikan Pengurus Besar Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT)

Oleh: Mustaufiq.S.IP.,SE.,M.Si.,MH.

(Mahasiswa Doktoral Program studi Hukum UIN Alauddin Makassar)

Organisasi adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dalam melakukan suatu kegiatan, guna meraih tujuan yang sama. Menurut Yuan Badrianto, dalam buku Perilaku Organisasi (2021) bahwa biasanya di dalam organisasi ada banyak kepentingan. Karena itulah dibutuhkan sejumlah komponen, tujuan, serta sasaran organisasi yang tepat dalam mengembangkan organisasi itu sendiri.

Bergabung dalam organisasi kemahasiswaan atau kepemudaan dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan serta kepekaan jiwa sosial. Olehnya, eksistensi pemuda dalam berorganisasi memiliki ruh yang suci dalam mengembangkan potensi diri sehingga mampu mengakselerasi seluruh potensi dan sumberdaya baik internal dan eksternal organisasi tersebut.

Hubungan timbal balik simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan akan terjalin jika ada nilai dan kesadaran kolektif tentang apa yang akan di tuju serta di raih bersama dalam sebuah organisasi dan itulah paradigma organisasi moderen.

Pemuda saat ini, adalah bongkahan emas di masa datang yang memiliki nilai invetasi yang besar jika mampu memposisikan diri sebagai agen perubahan dan pembangunan bangsa.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.