Mahasiswa KKN Stitek Balik Diwa Makassar Beri Pelatihan Olahan Hasil Nelayan Ke Masyarakat Pesisir Desa Sanjai

Sinjai, Matasulsel | Mahasiswa KKN-Tematik Gelombang XIV Stitek Balik Diwa Makassar mengadakan Seminar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan Dan Nelayan yang dilaksanakan sejak 8 November kemarin, berlokasi di Dusun Takkalala Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai dengan melibatkan beberapa kelompok wanita nelayan dari 5 Dusun di Desa Sanjai. Kamis, 12 November 2020.

Dari hasil observasi Mahasiswa KKN STITEK mendapatkan data bahwa hasil tangkapan nelayan dengan jenis Ikan Tongkol yang melimpah, tetapi kelompok wanita nelayan terkendala dalam proses Diversifikasi hingga Pengemasan dan Label sampai dengan proses Pendistrisbusian hingga ke tangan konsumen.

Bacaan Lainnya

Selain itu Mahasiswa KKN juga memberikan pelatihan tentang Pengolahan Limbah Hasil Perikanan yang dapat dimanfaatkan di Bidang Pertanian khususnya untuk Dusun Jahung-jahung Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur yang mayoritas petani, maka dari itu Seminar Pengolahan dan Pelatihan di adakan untuk meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani.

Peserta KKN Stitek Balik Diwa Makassar terdiri dari 14 orang dari 3 program studi, yakni dari Prodi Teknologi Hasil Perikanan, Budidaya Perairan dan Pemanfaatan Sumber Daya Perairan. Namun kali ini pelaksana khusus dari pelatihan pengolahan ini dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan yang dipandu oleh Nur Indriyani Mahasiswa asal Takalar dan didampingi oleh beberapa mahasiswa lainnya diantaranya Muh. Taufiq Hidayat dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan dan semua Mahasiswa KKN STITEK Balik Diwa Makassar.

Seminar Pengolahan dan Pelatihan ini dihadiri oleh Ketua PKK dan beberapa Perwakilan Kelompok Wanita Nelayan serta beberapa remaja Desa Sanjai yang sangat antusias dengan olahan yang dipamerkan dan dilatihkan seperti Diversifikasi olahan Abon ikan dan Bakso ikan sebagai upaya gerakan GEMARI (Gemar Makan Ikan). Sebagai motivasi para ibu-ibu PKK untuk mensosialisasikan gerakan ayo makan ikan kepada anak-anak nelayan untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Harapan dari Aniswandi (Kordinator Desa) KKN STITEK Balik Diwa Makassar yakni olahan Hasil Perikanan, dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Desa Sanjai yang Dapat dipasarkan di tempat ekowisata Pantai Hubat,”urainya.(*).

Pos terkait