Mahasiswa UNHAS Makassar Ciptakan Alat Penghasil Listrik Darurat Bencana

Redaksi
5 Sep 2021 13:48
PENDIDIKAN 0 32
2 menit membaca

MAKASSAR. MATA SULSEL – Pada saat terjadi bencana kebutuhan akan listrik tetap masih ada, namun biasanya jaringan listrik terputus sehingga diperlukan sember energi yang dapat digunakan sebagai penerangan di tenda pengunsian maupun kebutuhan pengisian baterai Smartphone. dalam kondisi darurat maka diperlukan alat yang praktis dan Portable. Peralatan yang biasa digunakan untuk menyuplai listrik dalam keadaan darurat adalah Generator Set (Genset). Namun, genset masih terbilang cukup mahal dan tidak ramah lingkungan.

Tim PKM-KC UNHAS yang terdiri dari Nur Islamiyah Angraeni, Herianto dan Ardiansyah membuat Prototype alat Emergency Bag menggunakan Panel Surya dikombinasikan dengan sistem solar Tracking. Tiga Mahasiswa ini adalah Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Hasanuddin yang didampingi oleh Dosen Pendamping Dr.Indar Chaerah Gunadin M.T

“Tas ini didesain khusus yang berisi komponen-komponen untuk menghasilkan Listrik dan bersifat Portable sehingga bisa digunakan dimanapun.”ujar Herianto.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.