Operasi Patuh 2021 Berakhir, Mobil Vaksinasi Keliling Polrestabes Makassar Diminati Kaum Muslimah

  • Whatsapp
Operasi Patuh 2021 Berakhir, Mobil Vaksinasi Keliling Polrestabes Makassar Diminati Kaum Muslimah
Operasi Patuh 2021 Berakhir, Mobil Vaksinasi Keliling Polrestabes Makassar Diminati Kaum Muslimah

MATASULSEL, MAKASSAR – Operasi Patuh 2021 telah berakhir, namun Mobil Keliling Vaksinasi Covid-19 yang disediakan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar ternyata sangat diminati Kaum Muslimah yang ada di Kota Daeng.

Mobil vaksinasi keliling yang didesign khusus tersebut mampu memikat hati kaum wanita muslimah yang berjilbab, karena merasa terlindungi untuk melakukan Vaksinasi Covid-19 saat digelar Operasi Patuh 2021 di Makassar.

Bacaan Lainnya

“Alhamdullilah masyarakat itu antusias menggunakan mobil vaksinasi tersebut, perhari itu diangka 180 sampai 250 orang mereka senang karena ada ruangan berhijab,” kata Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara saat ditemui, Senin (04/10/2021).

Kumara mengungkapkan, hadirnya mobil vaksinasi keliling hijab dari Satlantas Polrestabes Makassar tersebut atas masukan dan saran dari masyarakat di Kota Makassar khususnya wanita berjilbab agar bisa divaksin dengan leluasa dengan tetap menjaga aurat.

Baca juga : Balap Liar, 30 Roda dua Diamankan Tim Gabungan Sat Lantas Polrestabes Makassar

“Di kota makassar ini mayoritas muslim, jadi aspirasi keinginan masyarakat kita tampung sehingga kita buatlah mobil vaksinasi keliling dengan ruangan hijab, sehingga masyarakat yang berhijab tidak usah khawatir, bisa vaksin dengan tenaga kesehatan wanita di dalam, ditutupi dengan gorden, jadi masyarakat tidak bisa melihat kecuali vaksinator,” ucap Kumara.

Kumara menjelaskan, setelah resmi diluncurkan oleh Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana S.I.K., MM dimoment HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 66 pada 22 September 2021 lalu, mobil inovasi Satlantas Polrestabes Makassar turut diterjunkan dalam operasi patuh, sejak Senin 20 September dan berakhir Minggu 3 Oktober 2021.

“Hari ke-2 tanggal 22 september, Jadi mobil vaksin keliling itu sengaja diadakan untuk mempercepat proses vaksinasi di masyarakat, Jadi kita harus mendukung agar segera naik persentase masyarakat yang sudah divaksin sehingga bisa mencapai herd immunity,” harapnya.

Lanjut Kumara mengatakan, pelaksanaan Operasi Patuh 2021 Polrestabes Makassar kali ini petugas lebih mengedepankan kesadaran masyarakat khususnya pengguna jalan agar tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan.

Disamping itu, kata Kumara, petugas juga melakukan patroli kerumunan massal, himbauan prokes baik secara langsung ke masyarakat ataupun melalui media cetak dan online serta radio, termasuk pembagian masker, pemasangan stiker, kampanye 5M dan 3T juga bakti sosial.

“Berbeda tahun ini operasi patuh 2021 merupakan operasi terpusat di fokuskan untuk preventif dan preemtif mendukung program pemerintah penanganan pandemi covid-19. Jadi program ini seiring dan sejalan dengan program dari pemerintah kota makassar,” terang Kumara.

Meski Operasi Patuh 2021 sudah selesai, Kumara menegaskan pihaknya tetap membuka pelayanan kepada masyarakat menggunakan mobil vaksinasi keliling. Ia juga menghimbau agar masyarakat yang belum divaksin untuk segera divaksin.

“Walaupun sudah selesai operasi patuh, tetap kita memberikan pelayanan kepada masyarakat menggunakan mobil vaksinasi tersebut, dengan adanya vaksin yang merata masyarakat bisa lebih tahan daripada penyakit ini. Harapan kita yah segera tercapai herd immunity,” pungkas Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Andi Kumara SH, SIK MSI (MK/arya)

Pos terkait