Komisi IX Aliyah dan BBPOM Bekali Warga Gowa Jadi Konsumen Cerdas

Gowa – Perkembangan industri kosmetik di tanah air kian berkembang pesat. Mulai hadirnya produk baru hingga klinik kecantikan semakin mewabah disekitar kita.

Namun fenomena tersebut juga banyak dijadikan ladang keberuntungan bagi oknum yang tidak bertanggung jawab, dalam hal ini meramu zat kimia terlarang pada kosmetik tersebut, lalu dipasarkan secara meluas.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham mengatakan bahkan tidak hanya pada kosmetik tapi juga ke obat-obatan tradisional, suplemen kesehatan hingga pangan.

Karena itu, bersama Balai Besar POM Makassar tidak hentinya memantau, mengedukasi dan tentu mengedukasi masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas baik dalam memilih kosmetik ataupun pangan.

“Industri kecantikan tidak bisa dipungkiri kian meningkat, bahkan khusus di Makassar dan Gowa, hampir setiap ruas jalan kita temui ada klinik kecantikan, buka sosial media kita temui iklan kosmetik. Begitu juga obat kesehatan dan pangan, namun semua itu tidak serta merta aman untuk digunakan ataupun dikonsumsi,” jelas Aliyah pada sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE tentang Obat-obatan Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Pangan aman di Gowa, Sabtu (24/9/2022).

Aliyah menambahkan agar aman, masyarakat secara dasar harus mengecek BPOM Mobile dan menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa) sehingga nantinya lebih waspada dalam memilih obat dan makanan yang akan dikonsumsi.

“Saya berharap, bekal ilmu didapatkan pada kegiatan ini bisa juga ditularkan ke kerabat terdekat, agar derajat kesehatan warga terjaga secara merata,” pungkas Aliyah.

Sosialisasi ini berjalan maksimal dengan adanya pemaparan materi dari BBPOM Makassar serta turut dihadiri tokoh masyarakat setempat.

Pos terkait