Pemkab Jeneponto Raih Penghargaan Anugerah Swasti Saba Wistara

JENEPONTO, MATA SULSEL – Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar didampingi ketua Forum KKS Hj. Hamsiah Iksan menerima Penghargaan Anugerah Swasti Saba Wistara Kabupaten Kota/Sehat, di ruang rapat Bupati Jeneponto, Rabu (17/11/2021).

Seremonial pemberian penghargaan anugerah Swasti Saba Wistara Kabupaten Kota/Sehat dilaksanakan secara virtual melalui zoom app meeting.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya diketahui Anugerah Swasti Saba Wistara adalah penghargaan tertinggi sebagai kabupaten/kota Sehat di Indonesia yang diberikan atas keberhasilan menjalankan 10 (sepuluh) Tatanan Pelaksanaan Program yang sudah ditetapkan pada tahun 2020 serta dikelompokkan berdasarkan kawasan dan permasalahan khusus.

Kesepuluh tatanan pelaksanaan lintas sektor dan lintas program tersebut yakni kawasan permukiman, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat serta kawasan pariwisata sehat.

Menurut data yang dihimpun Jeneponto menjadi salah satu daerah yang menerima penghargaan Swasti Saba Wistara diantara 25 kabupaten/kota lainnya seperti padang panjang, Sukabumi, Semarang, Banyuwangi, Ponorogo, Lamongan, Gresik, Blitar, Tomohon, Pinrang, Wajo, Takalar, Gowa, Soppeng, Bantaeng, Barru, Luwu, Sinjai, Enrekang, Pare-Pare dan Palopo.

Sedangkan provinsi pembina kabupaten/kota sehat terbaik diraih oleh Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Bupati H. Iksan Iskandar disela-sela kegiatan menyebut raihan penghargaan anugerah Swasti Saba Wistara tersebut akan membawa kemajuan bagi pembangunan dan pengembangan daya saing daerah serta peningkatan kualitas hidup masyarakat Jeneponto khususnya dalam membangun budaya hidup sehat.

Iksan Iskandar menjelaskan penghargaan ini penting karena menjadi modal sosial yang selanjutnya diapresiasi oleh pemerintah pusat sebagai suatu agenda nasional yang berkelanjutan.

“Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mendukung program kota sehat sehingga penghargaan Swasti Saba Wistara ini dapat kita raih,”ujar Bupati mengapresiasi.

Sebelumnya pemerintah daerah Kabupaten Jeneponto telah bekerja melalui forum komunikasi kota sehat, forum komunikasi kecamatan sehat dan satuan tugas kabupaten sehat sebagai garda depan yang tanpa lelah dengan semangat gotong royong serta kekeluargaan secara berkala telah berupaya melakukan sosialisasi pembinaan dan pelatihan di semua titik pantau dan lingkungan sekitarnya.

Iksan Iskandar juga menjelaskan penghargaan tersebut di raih atas kerjasama seluruh stakeholder dengan melakukan kegiatan dan upaya peningkatan layak sehat pada berbagai lokasi dan titik verifikasi demikian halnya dengan sektor-sektor pendukung lainnya

“Forum Kabupaten sehat Jeneponto telah menghimpun potensi dan berbagai sumber daya melalui pengembangan inovasi pengelolaan lingkungan seperti pengembangan bank sampah dan juga aksi bersih sedunia atau World Clean Up Day, jelas mantan Sekda Jeneponto tersebut.

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo H. Manrancai Sally, Kepala Dinas Kesehatan Syusanti Mansyur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup M. Basuki Baharuddin, Kepala Dinas Pertanian Ahmad Lala dan Kadis Pariwisata Elly Isriani Arif. (*)

 

Pos terkait