Ketua PMI Jeneponto Lantik Pengurus PMR Wira Unit 210 di UPT SMAN 10

JENEPONTO, MATA SULSEL – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Jeneponto Muhammad Islam Iskandar atau yang akrab di sapa Karaeng Tumpu melantik Pengurus Palang Merah Remaja (PMR) Wira Unit 210 didampingi Sekretaris PMI Taufiq dan Bendahara PMI Mansur di UPT SMA Negeri 10 Jeneponto, Rabu (17/11/2021).

Usai pelantikan, Islam Iskandar berpesan agar PMI selalu siap siaga, terutama di masa pandemi Covid-19 dan mengantisipasi pergantian musim.

Bacaan Lainnya

Islam disela-sela pelantikan mengatakan PMI pada dasarnya bekerja bila masyarakat dan daerah mengalami kesulitan. Untuk itu, PMI harus siap siaga ketika terjadi bencana alam seperti banjir, longsor, hingga bencana non alam seperti pandemi Covid-19.

“Daerah ini tugas kita semua, PMI, harus membantu dengan tujuh prinsip dasar PMI seperti kemandirian, kemanusiaan, tidak diskriminatif, dan lain-lain,” kata Islam.

Islam Iskandar yang juga selaku Ketua Komisi I DPRD kabupaten Jeneponto itu mengatakan meski saat ini jumlah kasus Covid-19 di kabupaten Jeneponto sudah berada pada angka yang rendah tetapi perlu dijamin dengan massif melakukan kegiatan vaksinasi.

Di tengah suasana pelantikan, Ia juga mengajak semua pihak saling membantu dan bekerja bersama-sama agar masyarakat dapat mengikuti vaksinasi sebagai upaya dalam membentuk kekebalan kelompok.

“Untuk mengatasi pandemi ini dilakukan dengan cara pertama disiplin masyarakat dalam melakukan 3 M yakni memakai masker, jaga jarak dan juga cuci tangan. Itu adalah perilaku yang harus dilakukan oleh masyarakat sendiri di samping tugas pemerintah yakni 3 T yakni mengetes atau testing, menelusuri, serta mengobati dan terakhir melakukan vaksinasi massal,” jelas Islam.

Lebih jauh Islam Iskandar juga menyebut selain memiliki tugas di bidang donor darah, PMI mempunyai tugas dalam membantu pemerintah daerah untuk melakukan vaksinasi secara massif, terbukti dengan beberapa momen PMI dapat menggelar vaksin untuk masyarakat

“Kita telah beberapa kali melakukan vaksinasi sebagai upaya bersama dalam membentuk kekebalan kelompok, “ujarnya.

Terakhir Islam Iskandar berharap agar pada musim hujan yang akan segera datang PMI harus tetap waspada dalam menghadapi bencana yang dipengaruhi faktor cuaca seperti banjir, longsor, angin puting beliung dan lain-lain

Turut hadir Camat Bontoramba Nurlewa Saad sekaligus ketua PMI Kecamatan Bontoramba, Plt. Kepala UPT SMA Negeri 10 Jeneponto Muhammad Hasan, Pembina PMR dan Relawan PMI Jeneponto. (*)

Pos terkait