Progres Pembangunan Makassar New Port Mencapai 70 Persen

 

Makassar, Matasulsel – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) hingga akhir Januari 2021 sudah menyelesaikan sekitar 70 persen pembangunan Makassar New Port (MNP) tahap lanjutan 2019 – 2022.

Bacaan Lainnya

Hal itu dikemukakan Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi di Makassar, Senin, (25/01/2021), menanggapi progres pembangunan MNP.

Dia mengatakan, secara total pembangunan Pelabuhan Baru Makassar tersebut ditargetkan rampung pada sekitar akhir 2022.

Menurut dia, kendari pandemi Covid-19 melanda semua lini kehidupan termasuk kegiatan infrastruktur, namun pembangunan MNP masih berlanjut hingga saat ini.

“Perseroan tetap mengebut pembangunan MNP agar pengerjaannya bisa kelar sesuai dengan target yang ditetapkan,” katanya.

Berdasarkan data Pelindo IV diketahui, pada tahap 1 A sudah rampung dan beroperasi sejak awal November 2018. Kemudian dikebut lagi Tahap 1 B dan 1 C.

Sementara itu, Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV, Arwin menyebutkan, kegiatan yang dilakukan di pembangunan MNP tahap lanjutan 2019 – 2022 hingga saat ini adalah bore pile dan secant pile, produksi beton precast dan instal beton precast.

Untuk pembangunan MNP Tahap 1 B dan 1 C Pelindo IV mengalokasikan investasi sebesar Rp2,8 triliun. Kehadiran mega proyek ini untuk mengintegrasikan pelabuhan hub khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Suasana pembangunan Makassar New Port yang merupakan pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV, Makassar. (*/Sumber : Antara).

Pos terkait