Ratusan Guru dari Berbagai Daerah Hadir di Temu Pendidik Nusantara ke-10

Redaksi
6 Agu 2023 11:34
Berita 0 53
3 menit membaca

MAKASSAR – Temu Pendidik Nusantara (TPN) ke-10 yang digelar oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Makassar dibuka oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Makassar pada 6 Agustus 2023, di Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan.

TPN X dihadiri 214 guru di Makassar, Maros, Gowa, Takalar, bahkan Wajo. Mereka berasal dari berbagai level sekolahan, PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, bahkan madrasah.

Guru-guru itu secara mandiri melakukan pendaftaran melalui website, datang dengan biaya sendiri, bahkan membawa panganan untuk dinikmati rame-rame agar dapat belajar bersama dari sesama rekan guru.

TPN X di Makassar menghadirkan 32 pembicara kelas kemerdekaan yang semuanya adalah guru. Mereka berbagi praktik baik yang dilakukannya di sekolah masing-masing. Semata-mata berbagi kepada sesama guru dengan harapan memberi inspirasi.

Alamsyah Alimuddin, Ketua KGBN Makassar, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah hasil kolaborasi bersama Dinas Pendidikan Makassar dan Balai Besar Guru Penggerak Sulsel.

“Bapak Kepala Dinas Pendidikan Makassar dan Bapak Kepala Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan sangat concern dengan pendidikan, segala upaya mereka lakukan untuk memajukan pendidikan, TPN adalah wadah bertemunya guru-guru untuk belajar bersama, berbagi praktik baik yang mereka lakukan di sekolah masing-masing,” tambahnya. 

Di temu pendidik nusantara kali ini, selain sesi berbagi praktik baik, ada juga cerdas cermat guru yang bertujuan memberi gambaran analisis kompetensi yang sudah dimiliki guru.

“Jika selama ini uji kompetensi guru dilakukan dengan cara yang penuh ketegangan, seperti ujian nasional jaman dulu, maka pada momen TPN tahun ini kami memperkenalkan uji kompetensi guru di masa depan yang menyenangkan dan mendorong guru untuk terus meningkatkan level kompetensinya,” kata Zaid Buri Prahastyo, pemandu cerdas cermat guru di TPN X.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.