Selamatkan Anak dari Diare Berat, Imunasasi Rotavirus Mulai Dicanangkan

Redaksi
15 Agu 2023 19:55
LIFESTYLE 0 120
2 menit membaca

Wamen Kesehatan canangkan Imunisasi RV cegah diare di Indonesia

PANGKEP – Pencanangan imunisasi Rotavirus (RV) secara nasional dibuka Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Prof Dante Saksono Harbuwono di aula rumah jabatan Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan, Selasa (15/8).

Mengangjat tema “Cegah Diare Berat Pada Bayi dengan Pemberian Imunisasi RV 3 Dosis Tepat Waktu” merupakan upaya pencegahan kasus diare di Indonesia.

Prof Dante menyebutkan Kementerian Kesehatan mencatat 1 dari 8 anak di Indonesia menderita diare saat ini.

“Langkah ini untuk mempercepat penurun kasus diare, karena itu pencanangan imunasasi secara nasional dilakukan,” katanya sesaat setelah membuka acara.

Sebagai rangkaian hari Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia juga diharapkan seluruh bayi akan mendapatkan imunisasi tetes RV ini untuk melindungi anak Indonesia dari kejadian diare berat.

Sasaran pemberian imunisasi RV dimulai paling cepat pada anak usia dua bulan atau bayi yang dilahirkan pada 16 Mei.

Mereka akan diberikan sebanyak 3 dosis dengan jarak 4 minggu antar dosis, dan imunisasi RV dosis terakhir diberikan pada bayi usia 6 bulan 29 hari.

Pada 2022, pemberian imunisasi RV di Indonesia dilaksanakan secara bertahap di 21 kab/kota di 18 provinsi dengan sasaran 196.876 bayi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.