Serahkan Bantuan ke Petani, Ilham Azikin: yang Terbaik Hasil Panennya Akan Saya Beri Bonus

 

Bantaeng, Matasulsel – Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyerahkan secara simbolis bantuan benih bawang berkualitas kepada sejumlah petani di Desa Bonto Daeng, Kecamatan Ulu Ere, Kamis, (24/12/2020).

Bacaan Lainnya

Bantuan ini berasal dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Bantaeng yang merupakan inisiasi dari Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq mengatakan, benih ini adalah varietas Lokana yang merupakan varietas lokal unggul di Bantaeng. Meski benih lokal, varietas ini memiliki potensi panen yang cukup besar. Setiap hektarenya memiliki potensi panen antara 6 sampai 14 ton per hektare.

“Varietas ini adalah varietas yang unggul dan sudah memiliki izin edar. Potensinya sangat besar, wajar jika sudah beredar di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan dan Sulawesi Tengah,” jelas dia.

Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah mengatakan, bantuan ini berasal dari aspirasi petani di desa tersebut. Atas aspirasi dan kebutuhan itu, kemudian dia meneruskan ke eksekutif untuk mendapatkan bantuan benih.

“Saya hanya jembatan ji, untuk memfasilitasi bantuan dari pemerintah ke petani,” jelas dia.

Dia berharap, bantuan benih ini bisa mendongkrak pertumbuhan hasil pertanian di desa itu. Oleh karena itu, dia meminta kepada semua petani untuk mengembangkan hasil pertanian sesuai denghan arahan penyuluh pertanian.

“Saya ingin tingkatkan produksi pertanian. Nanti, siapa yang hasil panennya terbaik, saya akan berikan bonus khusus dari saya,” jelas dia.(*/Muh. Irfan)

Pos terkait