Aksi Heroik Aiptu Husin Padamkan Api di Tana Toraja

Toraja, Matasulsel – Aksi heroik personil Polsek Mengkendek dalam memadamkan lahan warga yang terbakar patut di acungkan jempol, dengan peralatan seadanya, Aiptu Husin Rifai bersama rekannya Aiptu Marthen, Bripksa Ishak dan Babinsa, Sertu Mustaming berhasil memadamkan api, di wilayah Rt Rante Leon, Dusun Matana, Lembang Buntu Datu, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Minggu (15/09/2019) pukul 16.00 Wita.

Aparat gabungan ini bersama warga di area kebakaran lahan warga milik Nataniel @ Papa Igo’ berupaya memadamkan api dilakukan secara bersama-sama dengan cara membatasi jalur api dan membersihkan areal lahan serta menyemprot air dengan menggunakan tangki penyemprotan hama.

Bacaan Lainnya

Pemadam kebakaran yang dihubungi oleh Personil Polsek Mengkendek tersebut tidak sempat datang dikarenakan bersamaan memadamkan api di Wilayah Su’pi Lembang simbuang Kec. Mengkendek. Sehingga Polri dan TNI bersama warga yang sedang berada di area kebakaran lahan berupaya keras memadamkan api, dan akhirnya padam sepenuhnya pada pukul 17.30 wita, dan lahan yang warga yang terbakar diperkirakan sekitar 1/2 Ha, dan dalam lahan warga tersebut ditumbuhi pohon pinus dan pohon cengkeh.

Pemilik lahan yang terbakar Bapak Nataniel Papa IGO menyebutkan bahwa awal kebakaran pada saat ia hendak membakar rumput di pinggir jalan.

“Awalnya saya membakar rumput dipinggir jalan, namun angin tiba-tiba bertiup kencang dan api langsung membesar dan membakar lahan tersebut,” Tuturnya.

Bhabinkamtibmas, Bripka Ishak Itan menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan siaga mengantisipasi kembali terjadinya kebakaran di sekitar lokasi tersebut, mengingat saat sekarang adalah musim kemarau yang rentan akan kebakaran hutan dan lahan. (*)

 

Editor: Syamsul Bahri

Pos terkait