Relawan Jurnal Indonesia Galang Donasi Gempa Cianjur

MAKASSAR, MATA SULSEL – Sebagai bentuk kepedulian terhadap Bencana Gempa Bumi yang menimpa warga Cianjur, Jawa Barat, Pengurus Pusat Relawan Jurnal Indonesia (PP RJI) Bersama Pengurus Daerah (Pengda) Jawa Barat melaksanakan workshop RJI Peduli Gempa Cianjur yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 27 November 2022, diikuti peserta dari berbagai pengelola jurnal seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian berbagi, yang diwujudkan dengan penyelenggaraan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah dan pengenalan program-program layanan RJI,” paparnya. Dengan adanya workshop ini, kami sebagai Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia berusaha meringankan duka cita terhadap saudara-saudara kita di Cianjur, Jawa barat.

Bacaan Lainnya

Sebelum dan selama workshop berlangsung, para peserta dipersilahkan untuk mengumpulkan donasi. “Donasi yang terkumpul dari acara ini akan disumbangkan ke warga yang terdampak Gempa Cianjur melalui Pengda RJI Jawa Barat,” ungkap Muh. Ilham Bakhtiar sebagai Wakil Ketua I Pengurus Pusat RJI dalam sambutannya.

Donasi Bencana Alam yang dikemas dalam bentuk Workshop merupakan kegiatan yang kesekian kalinya terkait keprihatinan Anggota RJI kepada saudara-saudara kita yang terdampak bencana seperti RJI Peduli Jateng, bencana Banjir 2021, RJI Kalbar Peduli Banjir tahun 2021 termasuk tahun 2020 kita juga melakukan open donasi untuk warga terdampak Covid 19.

“Oleh karena itu, RJI Harus hadir baik dari misi kita yaitu menggiatkan publikasi ilmiah termasuk hadir berbagi suka duka kepada korban yang terkena bencana,” ungkap Ketua RJI Pusat Dr. Arbain, dalam sambutannya.

Workshop RJI Peduli Cianjur ini menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dibidang publikasi ilmiah dan pengelolaan jurnal yaitu M. Tanzil Multazam dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo selaku Sekretaris Dewan Pengawas RJI, Helmi Suyanto selaku Anggota Pengda Jateng, Dwi Fajar Saputra Anggota RJI dan dari PT UPN Veteran Jakarta dan Jamiludin Usman, sebagai Koordinator Divisi RJI Academy.

Dalam proses penerbitan jurnal ilmiah, dimulai dari proses submit artikel, dierima editor, dilakukan proses review, perbaikan kemudian proses terbit. “Melihat hal ini proses penerbitan artikel ilmiah tidak begitu mudah tetapi harus melalui proses peer review,” papar Jamiluddin dalam materinya.

Setelah artikel terbit pada sebuah jurnal sebaiknya dilanjutkan pada proses indeksasi. Maka untuk menjalankan proses publikasi RJI memiliki program yaitu RJI Academy dengan prinsip 4 pokok pilar atau skema, yaitu registrasi, validasi, pengarsipan, dan diseminasi yang terdiri 4 skema kelas mulai dari beginner, intermediate, advanced dan expert dengan system belajar secara mandiri (video tutorial dan e-modul) berbasis LMS dengan target belajar selama 4 bulan tiap skema skema.

Materi kegiatan ini yaitu Skema Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Indeksasi Journal Stories RJI, Penyusunan Template Artikel, Layanan Product Croscref dan Setting DOI, dan Layanan Suvervisi RJI melalui Forum RJI. Semua materi pada hari ini dapat ditemukan dengan mudah di Zenodo sebagai materi yang diunggah di komunitas RJI. Sedangkan video live stream dapat dilihat Kembali pada channel RJI di Youtube.

Diakhir kegiatan, Selaku Moderator Nurfardiansyah dari RJI Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa jumlah donasi yang berhasil terkumpul sekira Rp 5.000.000 (Lima Juta Rupiah), dan kemungkinan akan bertambah terus hingga donasi ini disalurkan.

Kepada seluruh peserta, anggota, pengurus RJI dan simpatisan yang ingin berdonasi sumbangan untuk korban gempa cianjur dapat melalui Rekening BRI 209901000267566 a.n. Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia dengan menambahkan tiga angka unik 021 untuk memudahkan pengecekan, misal Rp100.021,- Semoga segala bantua kita selalu mendapat keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa, tulis pengurus RJI. (@)

Diskmonfo

Pos terkait