Aliyah Mustika Ilham Edukasi Warga Pilih Kosmetik

TAKALAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Makassar memberikan edukasi kepada masyarakat Takalar, cara memilih kosmetik yang aman bagi kesehatan.

Baginya, kecantikan merupakan aset yang berharga bagi sebagian besar wanita. Namun, kecantikan ternyata bukan hanya agar nampak menawan, tetapi juga berkaitan dengan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Perawatan diri, juga bukan hanya diperuntukkan bagi wanita saja, pria pun selayaknya memahami akan pentingnya merawat diri, demi peningkatan kualitas kesehatan.

“Saat ini, banyak wanita maupun pria yang berlomba-lomba untuk tampil glowing, namun jangan sampai mengorbakan kesehatan kulit dengan menggunakan produk-produk yang berbahaya,” ujar ibu Aliyah Mustika Ilham, saat digelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui KIE, Kamis (26/05/2022).

Beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memilih produk, pastikan telah terdaftar di BPOM, yang kini dapat dilakukan dengan mudah, yakni mengunjungi situs web BPOM, dan masukan no registrasi BPOM yang tertera dalam kemasan, atau search dengan kata kunci, bisa menggunakan merek prodak tersebut.

Hal senada diungkapkan Irda Reskina Azis, PFM Muda, Balai BPOM di Makassar, yang menjelaskan lebih detail terkait bahaya penggunaan kosmetik yang tidak terdaftar.

“Dalam memilih kosmetik yang digunakan sehari-hari, tidak bisa dilepaskan dari kemanan akan kesehatan penggunanya,” ujarnya.

Kosmetik dan perawatan pribadi, termasuk alas bedak dan maskara, losion wajah dan tubuh, sabun dan sampo, produk penataan rambut, deodoran, pasta gigi, pewarna rambut, dan cat kuku, dianggap aman jika tidak ada risiko yang terkait dengan penggunaannya, dan untuk lebih memastikan dapat di cek di situs web BPOM.

Pos terkait