Aliyah Mustika Ilham Serukan Wajib Keanggotaan BPJS Kesehatan

MAKASSAR – Anggota komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham,  bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Makassar terus melakukan sosialisasi terkait jaminan kesehatan pada masyarakat, Jumat (27/5/2022) di Makassar.

Dalam giatnya, Aliyah Mustika Ilham menegaskan penting menjadi warga negara Indonesia yang baik dengan ikut serta dalam keanggotaan BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, warga negara yang baik tidak cukup dengan menjadi anggota BPJS Kesehatan saja melainkan harus tetap menaati segala peraturan yang ada.

“Jadilah WNI yang baik. Yang patuh  jangan hanya menuntut haknya sebagai warga negara tetapi lupa dengan kewajibannya karena terkadang kami menerima keluhan daripada warga masyarakat dan ujung ujungnya nunggak. Sama dengan sakit gigi, nanti sakit baru ingat dokter,” terangnya.

Sementara, pihak BPJS Kesehatan Makassar yang dihadiri Staf bidang Penanganan Pengaduan Rumah Sakit Ardian Abi Novianto , mengatakan adanya mekanisme yang perlu diperhatikan masyarakat agar terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan.

Mekanisme itu kata Ardian yakni pendaftaran melalui dua kanal yang pertama melalui nomor telepon 125 dinas kesehatan dan melalui aplikasi mobile JKN.

“Nanti pendaftarannya melalui aplikasi mobile JKN itu ada langkah langkahnya yang bisa diikuti. Kalo untuk minimal tunggakan adalah 3 bulan sampai dengan 24 bulan nanti kemudian disitu ada pendaftaran maksimal dicicil 12 kali. Itu untuk jumlah tunggakan sampai dengan satu anggota keluarga,” paparnya.

Pos terkait