Awali Tahun 2023, SMP Islam Athira Bone Gelar Mentoring Administrasi Pembelajaran

MAKASSAR – Mengawali tahun 2023, dalam rangka menghadapi semester genap Tahun Ajaran 2022/2023.

SMP Islam Athirah Bone menggelar Workshop Administrasi Pembelajaran dengan menggunakan model mentoring rekan sejawat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 3-4 Januari 2023.

Kegiatan pendampingan di mulai pukul 07.30-15.00 di ruang breafing dan di ruang guru. Guru mapel dibagi kedalam empat kelompok dan setiap kelompok di mentoring oleh satu orang guru.

Muh. Nurholis, S.Pd.,Gr., Zulfikar Wibisono, S.Pd., Rahayu Abbas, S.Pd.,Gr., dan Ria Angriani, M.Pd. akan mengawal kegiatan mentoring tersebut.

Keempatnya adalah guru yang sebelumnya pernah mendapatkan pembekalan dari departemen kurikulum untuk mengimbaskan materi pedagogik kepada rekan-rekan sejawat.

Muh. Nurholis, S.Pd.,Gr. yang ditunjuk sebagai koordinator dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa perangkat pembelajaran harus lengkap dan merupakan kewajiban semua guru sebelum masuk mengajar.

“Kelengkapan administrasi merupakan kewajiban bagi setiap guru sebelum memasuki proses belajar mengajar,” ujar salah satu guru yang memperoleh predikat sebegai guru terbaik 2022 di wilayah Bone.

Lebih lanjut sosok ayah dua anak tersebut menyampaikan bahwa ada tidaknya perencanaan tersebut sangat memengaruhi keberhasilan guru kelak dalam melaksanakan PBM di kelas.

Kegiatan pendampingan dari rekan sejawat ini tentunya memastikan perencanaan itu terlaksana dengan baik karena kapan seorang guru gagal merencanakan, sama saja artinya dengan merencanakan kegagalan.

“Harapannya semua bentuk administrasi dapat dirampungkan sebelum PBM sehingga guru hanya fokus pada performancenya di kelas, karena susai dengan target yang diberikan wakasek kurikulum,” ungkapnya.

Kepala SMP Islam Athirah Bone, Nuraeni, S.Pd.,Gr. Menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengontrol administrasi pembelajaran guru-guru agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh departemen kurikulum. Nantinya akan divalidasi oleh wakasek kuirkulum.

“Kegiatan mentoring administrasi ini dilakukan agar semua administrasi PBM guru bisa di validasi dulu oleh wakasek kurikulum, dan memudahkan guru-guru dalam melakukan pelaporan IPMnya karena salah satu KPInya sudah dijalankan,” ujar pucuk pimpinan SMP Islam Athirah Bone tersebut.

Pos terkait