Babinsa Koramil Binamu Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di Sekolah

JENEPONTO, MATA SULSEL – Serda Alim Bahri sepaku Babinsa Kelurahan Balang Toa anggota Koramil 1425-01/Binamu Kodim 1425/Jeneponto, memberikan materi tentang pemahaman bela negara kepada siswa siswi SMK Negeri 2 Jeneponto, di Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. Selasa, (17/01/2023).

Serda Alim Bahri menjelaskan, bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Setiap warga negara punya kewajiban yang sama dalam urusan bela negara sebagai wujud cinta Tanah Air, “jelas Alim.

Bacaan Lainnya

Tujuan kegiatan ini agar para siswa-siswi dapat meningkatkan wawasan Kebangsaan bagi generasi muda khususnya di lingkungan sekolah, dengan menanamkan jiwa Bela Negara, rasa Cinta Tanah Air, menjaga Persatuan dan Kesatuan, saling menghormati antara yang satu dengan yang lain dan semangat Nasionalisme, jelasnya.

Babinsa Serda Alim Bahri menambahkan salah satu contoh sikap Bela Negara dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah yakni menaati seluruh peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah, masuk sekolah tepat waktu, memakai seragam yang di tentukan, ikut berprestasi dan membanggakan sekolah, dan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, “ujar Babinsa Alim.

Selain materi Bela Negara, Babinsa Serda Alim Bahri juga memberikan informasi dan membangkitkan minat pelajar menjadi anggota TNI-AD, dengan memberikan himbauan kepada para siswa-siswi, agar jangan mudah terjerumus kedalam hal-hal yang negatif, apalagi sampai kenal dengan Narkoba, minuman keras dan pergaulan bebas, yang sangat membahayakan diri dan mengancam masa depan.

Untuk menghindari dampak buruk itu, rajinlah beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, rajin belajar, dan tetap semangat dalam menimba ilmu agar dimasa depan dapat mewujudkan cita-cita dan impian kalian, yang dapat membanggakan keluarga dan orangtua serta memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara, pungkasnya.

Sumber : Penerangan Kodim 1425/Jeneponto (Serda Irfan).

Pos terkait