Bupati Jeneponto Hadiri Arahan Presiden Secara Virtual, Jokowi Sampaikan Pesan Ini !

JENEPONTO, MATA SULSEL – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar didampingi Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, Forkopimda, Plt Asisten I, Asisten III, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Pariwisata menghadiri arahan Presiden Ir. Joko Widodo secara virtual melalui zoom cloud meeting, di Ruang Kerja Bupati Jeneponto, Senin (17/5/2021) sore.

Acara pengarahan oleh Presiden ini diikuti oleh gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota, Forkopimda Provinsi, Pangdam, Kapolda, Kajari Se-Indonesia dengan tema bahasan yakni pertumbuhan Ekonomi Nasional serta penganganan vandemi covid-19

Bacaan Lainnya

Dalam arahan Presiden Jokowi melalui zoom meeting itu menyampaikan target pertumbuhan ekonomi kuartal kedua tahun 2021 diharapkan mencapai 7 persen dengan tetap memperhatikan sisi dampak covid-nya.

Jokowi didampingi wakil presiden, mendagri dan beberapa pejabat tinggi lainnya dalam arahan optimis target nasional di tahun 2021 mencapai 4,5 persen, dengan syarat Covi-19 bisa ditekan.

“Secara nasional di tahun 2021 ini, kita target pertumbuhan sampai 4,5 persen dan itu sangat tergantung sekali pada pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2021. Artinya apa? April, Mei, Juni ini sangat-sangat menentukan,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah secara daring, Senin (17/05/2021).

Jokowi mengklaim, pertumbuhan ekonomi saat ini sudah berangsur normal terbukti dengan beberapa indikator telah mengonfirmasi hal tersebut.

Jokowi juga meminta agar APBD segera dibelanjakan untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi. Ia mencatat, beberapa daerah belum optimal dalam membelanjakan anggaran. Berdasarkan data yang diterima Jokowi, belanja modal daerah baru belanja pegawai dengan angka 63 persen. Sementara itu, belanja modal masih 5 persen. Ia kembali mengingatkan agar uang segera dibelanjakan, bukan disimpan di bank.

“Hati-hati, akhir Maret saya lihat di perbankan daerah ada Rp 182 triliun. Tidak semakin turun, semakin naik. Tapi justru semakin naik 11,2 persen. Artinya tidak segera dibelanjakan, gimana pertumbuhan ekonomi daerah mau naik kalau uangnya disimpan di bank,” kata Jokowi.

Presiden dua periode itu mengingatkan beberapa daerah agar selain pertumbuhan ekonomi juga memperhatikan penanganan covid-19, apalagi daerah yang secara angka masih terbilang tinggi kasusnya.

“Kedua-duanya harus berjalan beriringan, kita bisa menekan Covid-nya tanpa membuat guncangan ekonomi, target kita kurang lebih 7 persen harus tercapai. Kalau itu bisa tercapai, Insya Allah kita pada kuartal berikutnya akan lebih memudahkan,” tutup Jokowi.

Sementara itu diacara yang sama Mendagri Dr. Tito Karnavian menyampaikan selamat hari raya idul Fitri bagi umat islam dan kenaikan Isa Almasih bagi umat kristiani.

“Idul Fitri dan kenaikan Isa Almasih jatuh pada tanggal yang sama yaitu 13 Mei, mudah-mudahan momentum ini menjadi pertanda baik baik bagi kita sebagai masyarakat plural,” pungkasnya.

Pasca acara Bupati Jeneponto beserta unsur Forkopimda yakni Dandim, Kapolres dan Kajari berikhtiar untuk terus melakukan komunikasi efektif serta langkah konkrit-terukur dalam upaya peningkatan ekonomi dan penanganan covid-19 sesuai arahan presiden. (*)

Pos terkait