Dosen Unibos Gelar Pengabdian Berbasis Wilayah Bantu Kelompok Petani

Redaksi
7 Sep 2023 14:00
EDUKASI 0 53
3 menit membaca

MAKASSAR – Berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat terus dilakukan oleh Dosen Universitas Bosowa guna mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi.

Salah satunya Program pemberdayaan wilayah guna menciptakan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui kolaborasi mitra, pemerintah kabupaten dengan perguruan tinggi.

Di inisiasi oleh oleh tim dosen yang diketua oleh Dr.Muhlis Ruslan, SE.,M.Si dan Anggota Dr. Firman Menne, SE.,M.Si.,Ak.,CA, Dr.Ir.Erni Indrawati,M.Si. Di desa Tasiwalie dan Desa Maritengngae, Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Program Pengembangan Wilayah yang dilaksanakan di Desa Tasiwalie dan Desa Maritengngae ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada kelompok tani tentang metode tanam bibit rumput laut, metode pemeliharaan, umur panen dan wawasan wirausaha dan metode pembukuan berbasis akuntansi.

Selain itu, Pengembangan wilayah ini juga melibatkan Dr.Ir.Hamsiah, M.Si (Dosen Universitas Muslim Indonesia) dalam Focus Discussion Group (FGD) yang juga dihadiri oleh Ketua LPPM Universitas Bosowa, Dr.Ir.H.Syahrul Sariman, MT dan Sekretaris Dr.Hj.Darmawati Manda, SE.,M.Si.

Dr. Muhlis Ruslan selaku ketua tim, menerangkan bahwa Dalam FGD di kampus didiskusikan tentang kesiapan-kesiapan dan tahapan ke lokasi.

“Tahapannya yaitu melakukan FGD di lokasi mitra, sosialisasi pengadaan dan pengelolaan kebun rumput laut, sosialisasi bahan dan bibit yang dibutuhkan, metode pemasaran dan metode pembukuan, selanjutnya dilaksanakan rapat-rapat pemantapan sebelum berangkat ke lokasi mitra,” terang Dr. Muhlis

Tak lupa, Dr. Muhlis Ruslan juga menjelaskan bahwa Selanjutnya dilaksanakan FGD dan sosialisasi di lokasi Mitra, Desa Tasiwalie Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.