DP3A Hadirkan Pemateri Parenting Dasar Cegah Kekerasan Anak dan Perempuan

MAKASSAR — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Makassar memberikan pelatihan dasar kepada tim shelter warga demi meningkatkan kapasitas Sumber Daya Lembaga dalam penanganan bagi perempuan korban kekerasan, di Hotel Almadera, Kamis (29/09).

Kali ini DP3A menghadirkan pemateri Achmad Nur Harun Ar Rasyid (Trainers PT. Katalis Indonesia) yang membahas parenting untuk orang tua masa kini.

Bacaan Lainnya

Katanya, anak bisa menjadi korban ataupun pelaku kekerasan dengan lokasi kekerasan pada anak ada 3, yaitu di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat.

Peran kita sebagai orang tua atau yang lebih tua itu bagaimana memberikan kondisi positif terhadap anak.

Ada beberapa situasi yang menyulitkan orang tua dalam menghadapi anak sehingga tanpa disadari mengatakan atau melakukan sesuatu yang tanpa disadari dapat membahayakan atau melukai anak, biasanya tanpa alasan yang jelas.

Kejadian seperti inilah yang disebut penganiayaan terhadap anak. Dalam beberapa laporan penelitian, penganiayaan terhadap anak dapat meliputi: penyiksaan fisik, penyiksaan emosi, pelecehan seksual, dan pengabaian.

Sementara, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan DP3A, Hapidah Djalante menambahkan peran shelter warga dalam penanganan kasus kekerasan pada anak dan perempuan bisa berkurang jika ilmu parenting dasar dimiliki orang tua sejak dini.

“Kami bentuk shelter warga ini sebagai wadah untuk menangani kasus-kasus awal yang terjadi di setiap kelurahan. Jadinya tim shelter juga harus punya ilmu dasar penanganan dan pola parenting,” pungkasnya. (*)

Pos terkait