Hadiri Rakor GGMP Pemprov Sulsel, Unismuh Siapkan Lahan 75 Hektar

Mata Sulsel
29 Sep 2023 11:43
2 menit membaca

MAKASSAR – Dalam rangka membahas Ketahanan dan Kedaulatan Pangan, dengan topik khusus Gerakan Gemar Menanam Pisang (GGMP) yang dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse, di Baruga Karaeng Pattingaloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (28/9/2023).

Acara diawali dengan Arahan dari Pj Gubernur Sulsel Dr Bahtiar Baharuddin. Ia menegaskan bahwa pihaknya berinisiatif mewujudkan Sulsel sebagai ‘Provinsi Pisang’, karena ada dua makanan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sulsel, yakni ikan dan pisang.

“Makanya orang Sulsel itu pintar pintar seperti orang Jepang, karena hobi makan ikan,” pungkasnya.

Tapi orang Sulsel bisa melebihi orang Jepang, karena orang Sulsel juga hobi makan pisang.

“Sulsel ini punya banyak makanan olahan dari pisang, ada Barongko, Pisang Epe, Sanggara Balanda, Pisang Ijo dan lain-lain,” ungkapnya.

Pj Gubernur Sulsel ini berkeyakinan, bahwa iklim Indonesia sangat kondusif untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen pisang terbesar di dunia.

“Dan saya berharap Sulsel menjadi produsen terbesar di Indonesia,” ungkapnya.

Bahtiar menambahkan, peluang ekspor pisang dari Sulsel sangat besar. Ia menargetkan, satu miliar pohon pisang bisa ditanam di Sulsel, dengan luas lahan yang dibutuhkan 500 ribu hektar.

“Satu hektar lahan bisa ditanami dua ribu pohon pisang,” imbuhnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.