JOIN Jeneponto Gelar Dialog Virtual Sesi IV, Usung Tema Ekonomi Sulsel Bangkit

Arifuddin Lau
14 Sep 2021 17:50
NEWS 0 18
4 menit membaca

JENEPONTO, MATA SULSEL – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) JOIN Nasional menyelenggarakan Dialog Virtual dengan mengangkat Tema “Ekonomi Sulsel Bangkit”, Selasa (14/9/2021).

Diawal kegiatan Direktur Pusdiklat JOIN Nasional Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si yang bertindak selaku host menyebut dialog tersebut merupakan Seri ke 4 (empat) yang dilakukan secara daring dan sebelumnya telah terselenggara dibeberapa daerah di Sulsel, antara lain di Kabupaten Bantaeng, Bone dan Wajo. Sementara Sesi IV ini adalah Kabupaten Jeneponto.

Selain itu Dialog Virtual bertajuk Ekonomi Sulsel Bangkit dimaksudkan sebagai wadah bertukar gagasan antara pemerintah daerah, pelaku usaha dan organisasi profesi lainnya, kata Zulkarnain yang juga selaku Wakil Rektor IV Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar.

Selain Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jeneponto yang hadir juga Kadis Kominfo Jeneponto H. Manrancai Sally, S.STP, MSi. Narasumber lainnya, yakni Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jeneponto Ir. H. Awaluddin Sinring, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Jeneponto M. Nasrun Bohari.

Dalam Dialog Virtual ini turut hadir Wakil Ketua DPRD Jeneponto HM Imam Taufiq Bohari, SE, MM, mantan Ketua HIPMI Jeneponto Muh Islam Iskandar, aktivis Hardianto Haris dan pelaku usaha Maggalatung Amin.

Sementara Keynote Speaker adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Jeneponto Dr. dr. HM Syafruddin Nurdin, MKes.

Pada kesempatan tersebut Sekda Jeneponto Syafruddin Nurdin menyampaikan apresiasi atas kegiatan Dialog Virtual yang diselenggarakan oleh Jurnalis Online Indonesia (JOIN) yang merupakan wadah para jurnalis online.

Syafruddin menjelaskan bahwa dalam 5 (lima) tahun terakhir perekonomian kabupaten Jeneponto mengalami pertumbuhan yang positif. Oleh karena itu, pihaknya optimis perkonomian Jeneponto tetap tumbuh meski sedang dalam masa pandemi covid-19.

“Pertumbuhan tersebut terlihat dari grafik line yang secara statistik mengalami peningkatan meski tidak terlalu signifikan,” Syafruddin yang juga seorang epidemiolog tersebut.

Sekda Syafruddin juga menyebut beberapa upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat telah dilakukan khususnya dimasa pandemi yang melanda dunia saat ini.

Salah satunya, kata Syafruddin adalah penetrasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam membangun stabilitas interaksi ekonomi masyarakat yaitu dengan mempercepat proses vaksinasi, mendorong kemudahan perizinan dan melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha UMKM di Butta Turatea.

“Terima kasih atas kesempatan dialog yang digelar kali ini dan sangat positif dalam menampung masukan untuk bisa dijadikan dasar perencanaan kedepan, “pungkas Sekda Jeneponto.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.