Pemdes Banyuanyara Bersama Binmas Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Alam

TAKALAR, MATASULSEL – Pemerintah Desa Banyuanyara gelar pelatihan tanggap bencana alam bersama Karang Taruna Banyuanyara dan Binmas Desa Banyuanyara Polsek Mappakasunggu Polres Takalar, Bripka Zainal Halim, juga ikut memberikan pelatihan kepada warga di Desa Banyuanyara. Pelatihan itu berlangsung dilaksanakan di Aula Kantor Desa setempat yang di ikuti 30 orang warga.

Materi pelatihan yang telah diberikan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Zainal Halim dalam pelatihan memberikan materi tentang penanganan bencana alam, pengamanan, penjagaan dan gerakan pengaturan lalu lintas.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Mappakasunggu Iptu M. Natsir, S.Sos., menyampaikan bahwa pelatihan kemampuan warga binaan dilaksanakan atas permintaan dari pihak Pemerintahan Desa. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di tingkat desa dalam berbagai aspek pelaksanaan tugasnya. Selain materi dasar kemampuan diberikan juga materi tentang tanggap bencana alam. Diharapkan warga selain membantu menjaga keamanan juga bisa berperan saat terjadi bencana alam di Desanya,”urainya.

Selain itu, Kapolsek mengatakan jika kegiatan pelatihan tanggap bencana bermaksud mengantisipasi apabila suatu Desa mendapat musibah bencana alam di wilayahnya, ia pun berharap jika setelah mendapat pelatihan, selain bisa membantu menjaga keamanan, masyarakat bisa difungsikan membantu penanganan apabila bencana alam kembali terjadi.

“Masyarakat bisa menjadi personel penanganan awal apabila terjadi bencana alam di Desa hingga adanya penanganan lanjutan dari instansi atau pihak terkait,”ucapnya.

Kapolsek menambahkan setelah pelatihan sudah diberikan, sebagai unsur pembantu Kepolisian di Desa bisa maksimal dalam pelaksanaan tugas. Selain itu memiliki kemampuan dasar untuk bisa berbuat saat ada bencana alam ada di wilayahnya.

Sedangkan Kades Banyuanyara menyambut baik pelatihan yang diberikan. Menurutnya materi yang disampaikan dapat bermanfaat nantinya apabila dibutuhkan, sehingga materi terkait tanggap bencana sangat tepat disampaikan.

“Dengan pelatihan, diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kemampuan di bidang keamanan dan membantu dalam tanggap darurat penanganan bencana alam,”harapnya.(**).

Pos terkait