Ramadhan: Spiritualitas dan Keterlibatan Komunitas Refleksi tentang Himpunan Mahasiswa Islam

Arifuddin Lau
2 Apr 2024 12:55
EDUKASI KAMPUS 0 724
3 menit membaca

Oleh : Muhammad Amar Amri Asnur
(Pengurus HMI Komisariat Teknik UNM)

Bulan suci Ramadhan selalu menjadi momen yang dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Lebih dari sekadar bulan berpuasa, Ramadhan merupakan waktu yang penuh berkah yang diisi dengan aktivitas ibadah, introspeksi diri, dan keterlibatan aktif dalam komunitas.

Dalam konteks ini, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) memainkan peran yang penting dalam membentuk pengalaman Ramadhan yang bermakna bagi mahasiswa Islam di perguruan tinggi.

Ramadhan bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum selama siang hari. Ia adalah waktu untuk mendalami spiritualitas dan memperkuat ikatan dengan Allah SWT.

Puasa di bulan ini mengajarkan kesabaran, pengendalian diri, dan empati terhadap sesama. Sementara
itu, ibadah-ibadah lainnya seperti shalat tarawih, tilawah Al-Quran, dan amal ibadah lainnya menjadi lebih ditekankan, membantu umat Islam dalam meningkatkan kualitas ibadah mereka dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Namun, Ramadhan juga merupakan waktu untuk terlibat aktif dalam komunitas dan berbagi berkah dengan sesama. Inilah dimensi sosial Ramadhan yang sering kali diperkuat oleh keberadaan HMI di lingkungan perguruan tinggi. Melalui berbagai kegiatan seperti ceramah agama, penggalangan dana untuk amal, dan kegiatan sosial seperti berbagi makanan berbuka puasa.

HMI membantu para mahasiswa Muslim untuk merasakan makna kebersamaan dan kepedulian sosial. Selain itu, HMI juga menjadi wadah untuk berdiskusi dan merefleksikan
nilai-nilai Islam yang relevan dengan tantangan zaman, memungkinkan mahasiswa untuk menggabungkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sebagai organisasi mahasiswa yang didasarkan pada nilai-nilai Islam, HMI memiliki peran yang penting dalam memfasilitasi keterlibatan komunitas selama Ramadhan. Melalui berbagai
kegiatan seperti ceramah agama, penggalangan dana untuk amal, dan kegiatan sosial seperti berbagi makanan berbuka puasa, HMI menciptakan platform bagi mahasiswa Muslim untuk berbagi pengalaman keagamaan mereka dan memperkuat ikatan sosial mereka.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.