Sukses! Sekretaris BPM Unismuh Raih Gelar Doktor Teknik Sipil

Mata Sulsel
7 Nov 2023 21:43
3 menit membaca

GOWA- Sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM) sekaligus Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh), Amrullah M sukses mempertahankan disertasinya di Program Doktor (S3) Ilmu Teknik Sipil Universitas Hasanuddin.

Sidang promosi berlangsung dengan khidmat di Gedung JK CSL Building Lantai 4 (Lantai 3) Fakultas Teknik Unhas, Gowa Selasa ( 7/11/ 2023).

Amrullah mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Studi Model Perubahan Morfologi Dasar Saluran Tanah Akibat Bangunan Krib’. Dalam penulisan disertasinya, Amrullah dibimbing oleh Promotor utama, Prof. Mary Selintung, serta Co-Promotor I Prof. Muhammad Saleh Pallu dan Co-Promotor II Dr. Mukhsan Putra Hatta.

Promosi Doktor Amrullah dipimpin Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof Muh Isran Ramli. Tampil sejumlah penguji internal, yakni Prof. Muhammad Arsyad Thaha, Prof. Abdul Rachman Djamaluddin, Dr. Eng. Rita Tahir Lopa, dan Prof. Farouk Maricar. Sebagai penguji eksternal Dr. Tiny Manonama, Dosen dari Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sidang promosi dihadiri sejumlah Pimpinan Unismuh Makassar, seperti Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi. Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Unismuh Dr Nurnawaty dan Ketua Badan Penjaminan Mutu Unismuh Dr Burhanuddin. Selain itu, ada puluhan kolega Amrullah dari sivitas akademika Unismuh Makassar.

Dalam disertasinya, Amrullah berhasil mengidentifikasi krib permeable sebagai penghalang aliran yang efektif dalam mengatur dan mengurangi dampak kecepatan aliran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pengamatan visual untuk memahami karakteristik aliran dan pergerakan sedimen sebagai parameter perubahan dasar saluran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan krib permeable dapat mengurangi kecepatan aliran sebesar 8,55%, serta berdampak langsung pada perubahan morfologi dasar saluran terkait dengan jarak, kerapatan, dan diameter krib.

Studi ini juga berhasil mengidentifikasi persamaan empiris untuk angkutan sedimen akibat krib permeable, yang memberikan pemahaman lebih dalam tentang dampak bangunan ini terhadap aliran sungai dan morfologi dasar saluran.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.