Tanggap Bencana, Ini Yang Dilakukan Bupati Jeneponto Saat Apel Di Mapolres

JENEPONTO, MATA SULSEL – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar memimpin apel gelar pasukan kesiapan personil menghadapi bencana alam, di Halaman Mapolres Jeneponto, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Minggu (15/11/2020).

Apel gelar pasukan ini juga dihadiri Kapolres Jeneponto AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, SH, SIK, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Gustiawan Ferdianto, Sekda Jeneponto
DR. dr. H.M. Syafruddin Nurdin, M. Kes, Para PJU Polres Jeneponto, Para PA Kodim 1425 Jeneponto, Para Kepala OPD Kabuoaten Jeneponto dan Para Camat Se-kabupaten Jeneponto.

Bacaan Lainnya

Selaku Perwira Apel Kasat Sabhara AKP H. Abd Samad, SH dan selaku Komandan Apel Kanit Regident Sat Lantas IPDA Mustafa Azis.

Sementara susunan peserta apel yaitu dari pasukan kodim 1425 Jeneponto, personil Polres Jeneponto, Satpol PP, Dishub Jeneponto, BPBD, Damkar, Dinkes dan unsur Pramuka.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang sering dilanda bencana. Kita pernah mengalami bencana banjir bandang, angin kencang, dan akhir-akhir ini kerap terjadi kebakaran rumah warga.

Bahkan kata Iksan, musibah kebakaran yang melanda pasar sentral Karisa beberapa waktu lalu sebagai pusat aktivitas perdagangan dan perekonomian, patut kita tangani dengan baik untuk selanjutnya merumuskan bersama solusi yang tepat.

“Saya juga berpesan kepada seluruh aparatur pemerintah mulai dari tingkat RT-RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah untuk memantau seluruh potensi yang dapat mengakibatkan banjir di musim hujan, dan jenis bencana lainnya,” kata Iksan.

Iksan juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya juga telah mendapatkan bantuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, berupa peralatan deteksi gempa bumi dan tsunami yang ditempatkan di Ruang pola kantor bupati.

“Alat ini agar diperhatikan dan difungsikan dengan baik sebagai upaya deteksi dini terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami,” kata mantan Sekda Jeneponto tersebut.

Dia juga menyampaikan apresiasi atas segala kinerja seluruh pihak dalam penanggulangan bencana selama ini. “Bangun terus motivasi kerja, dan semoga momentum ini semakin merekatkan kebersamaan kita dalam mewujudkan Jeneponto yang aman, nyaman, dan tentram,” pungkasnya.

Usai apel Bupati Jeneponto bersama para Forkopimda Jeneponto melakukan pengecekan peralatan pencegahan dan penanggulangan bencana alam seperti tenda, pelampung, perahu karet dan sejumlah kendaraan operasional masing -masing instansi seperti BPBD, Dishub, Sat Pol PP, Dinkes dan kendaraan Operasional Polres Jeneponto yang siap siaga bilamana terjadi bencana alam. (*)

Pos terkait