UIT Undang 600 Maba 2021 Perebutkan Kuliah Gratis

MAKASSAR, MATA SULSEL – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021, Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, membuka pendaftaran kedua yang memberikan peluang kuliah gratis. Demikian keputusan rapat terbatas yang yang digelar Rabu 30 Juni 2021.

“Kami memandang perlu untuk membuka peluang kuliah bagi calon mahasiswa 2021, terlebih saat ini dimana Pandemi Covid-19 menimbulkan beban sosial dan ekonomi,” ujar Dr. Andi Maryam, M.Kes, didampingi Wakil Rektor (WR) I, Suriati, S.Ag. M.Kes. M.Si. WR II, Lismayana, S.Sos. M.Si. dan WR IV, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si.

Bacaan Lainnya

Rapat tidak dihadiri WR III, Muhammad Khaerul Nur, yang sedang bertugas. Berbagai pandangan dan masukan jajaran wakil rektor menjadi dasar pertimbangan bagi rektor UIT, dalam memutuskan kebijakan PMB 2021. “Saya sudah mendengarkan laporan kesiapan akreditasi institusi oleh WR I, alhamdulilah hampir rampung,” ujar Andi Maryam.

WR I, Suriati, mengemukakan UIT dengan 11 fakultas dan 22 Program Studi (Prodi), yang terbagi pada 5 lokal kampus yang dimiliki, memungkinkan menampung jumlah mahasiswa dalam jumlah yang cukup besar. “Rasio dosen dan mahasiswa kami saat ini terbilang ideal,” paparnya.

Sedangkan WR II, Lismayana, mengungkapkan sarana dan prasarana yang tersedia di kampus 1-2-3-4 di bilangan Rappocini Raya, dan kampus 5 di jalan Abdul Kadir, Makassar, memang selama Pandemi Covid-19, tidak digunakan maksimal untuk perkuliahan. “Perawatannya kami tetap lakukan untuk mengantisipasi perkuliahan kelas kembali dibuka,” paparnya.

Pada kesempatan itu, WR IV, Zulkarnain Hamson, menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa baru 2021, menjadi bagian dari pola pengembangan kerjasama yang selama ini telah berjalan. “Tahun 2017 UIT memberikan beasiswa bagi 76 orang wartawan,” ujarnya. Pada 2019-2020 kembali UIT menyiapkan 500 lebih beasiswa, demikian tambahnya.

Pendaftaran Maba 2021 dilakukan secara online, dan dibuka tempat pendaftaran manual bertempat di Kampus 1 UIT, jl. Rappocini Raya, pada jam kerja, dengan penerapan standar protokol kesehatan. Menutup pernyataannya kepada media, Rektor UIT menegaskan UIT berkomitmen membantu agar generasi muda bisa terus belajar.(*)

Pos terkait