Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Iksan Iskandar Sidak RSUD Latopas

JENEPONTO, MATA SULSEL – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar meninjau kesiapan RSUD. Lanto Daeng Pasewang (Latopas) dalam mengantisipasi lonjakan covid-19 di Jeneponto, Selasa (13/7/2021).

Sehari sebelumnya dalam cofe morning yang digelar pada hari Senin (12/7/2021) bersama unsur Forkopimda, sejumlah langkah tegas diambil Bupati Jeneponto.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat tersebut menyikapi terjadinya lonjakan kasus covid-19 di sejumlah daerah, Pemerintah kabupaten Jeneponto menetapkan sejumlah kebijakan yang bertujuan untuk membatasi mobilitas dan interaksi masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah dengan tingkat penularannya mengalami peningkatan (zona kuning).

Upaya yang dilakukan dalam membatasi mobilitas masyarakat agar dapat mengurangi laju penyebaran virus covid-19 salah satunya dengan memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro disebelas kecamatan.

“Kita harus menangani sisi hulu dengan baik agar bisa mengurangi tekanan di sisi hilirnya,” ujar Bupati Jeneponto.

Selain membatasi mobilisasi masyarakat melalui penerapan PPKM Mikro disebelas kecamatan, bupati juga mengintruksikan percepatan pelaksanaan vaksinasi sasaran ASN dan Non ASN yang akan dilaksanakan besok Rabu (14/7/2021) di Ruang Pola Panrangnuanta.

Penerapan PPKM dan percepatan vaksinasi adalah sikap pemerintah daerah dalam mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19 yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut hari ini Bupati Iksan Iskandar melakukan kunjungan ke RSUD Lanto Daeng Pasewang guna memastikan kesiapan sarana dan prasarana yang perlukan.

Dalam kunjungan tersebut bupati memberikan pengarahan kepada RSUD Lanto Daeng Pasewang untuk mempersiapkan ketersediaan jumlah tempat tidur, ruang isolasi, obat-obatan, peralatan seperti APD, menambah tenaga kesehatan serta sarana dan prasaran lain yang mungkin dibutuhkan.

Didampingi Dirut RSUD LDP drg. Bustamin, M.Mars, Kadis Perumahan Pemukiman dan Pertanahan DR. Alfian Affandy Syam, Camat Binamu Emil Ilyas, S.Sos, Kabag Protpim Mustaufik, SE, S.Ip,.M.Si, Kabid Humas Kominfo Mansur, S.Pd,.MM, Kepala Ruangan Indah Ibrahim, SKM, Ners dalam kunjungan itu Bupati Iksan Iskandar berpesan bahwa masyarakat harus terus disiplin mematuhi protokol 3M, yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan.

“Kita tidak boleh lengah, lelah, tidak bosan, dan tidak abai dengan protokol 3M. Saya menghimbau kepada masyarakat, tolong untuk tinggal di rumah saja agar kita bisa melindungi keluarga, tetangga, dan orang terdekat dari penularan covid-19 ini,” tutur Iksan Iskandar.

Sementara itu direktur RSUD. Lanto Daeng Pasewang drg. Bustamin, saat diwawancara menyebut hingga Selasa (13/7/2021), jumlah total keterisian tempat tidur untuk pasien COVID-19 sebanyak 8 kamar.

Sesuai arahan Bupati Jeneponto, Direktur RSUD Lanto dayeng Pasewang kemudian memastikan tempat tidur perawatan dan seluruh variabel yang diperlukan dalam mengantisipasi lonjakan kasus covid telah tersedia. (Humas Kominfo)

 

 

Pos terkait